Edward Mushalli

sebuah dedikasi untuk bapak Drs. H. Edward Mushalli

Pelantikan Walikota & Wakil Walikota Tanjungpinang

pic3Suryatati A Manan dan Edward Mushalli mendadak jadi pasangan selebriti lokal. Kilatan blits dari kamera fotografer profesional hingga amatir tak henti-hentinya diarahkan kepada pasangan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tanjungpinang periode 2008-2013 itu.

Keduanya laris manis diburu tamu undangan yang ingin berfoto bersama. Lagi-lagi sekitar 30 menit lebih keduanya harus bersedia layaknya artis lokal yang diburu para penggemarnya.

Dengan mata berkaca-kaca karena haru, keduanya juga menerima ucapan selamat dari undangan yang mengantre sejak pintu masuk.

Hampir setengah jam lebih keduanya sibuk menyalami warga, kolega, dan undangan yang turut berbahagia atas kepercayaan warga Tanjungpinang kepada keduanya.Praktis, sehabis lewat waktu Salat Dzuhur baru keduanya bisa beristirahat. 

Di sela sela istirahatnya, ditemani makan siang yang urung dimakan, Tatik mengaku sangat bahagia. Ia berterima kasih atas kepercayaan warga Tanjungpinang kepada dirinya. “Saya senang karena acara berlangsung tanpa halangan,”ujarnya. 

Kendati terlihat kecapekan, Tatik dengan sumringah melayani pertanyaan sejumlah wartawan. Dalam waktu dekat, ungkap dia, pihaknya akan merapatkan barisan dulu. Melakukan konsolidasi sehingga tercipta kesatuan gerak dan langkah dalam menata dan membangun Tanjungpinang lima tahun ke depan. “Kita akan benahi SDM yang ada, baik secara kuantitas mau pun kualitas,”jelasnya. 

Sektor SDM memang menjadi perhatian Tatik agar janji kampanyenya bisa terealisasi menjadi kebijakan publik yang nyata dan bermanfaat. Prioritas pertama, lanjut dia, pemerintah berupaya menjadikan Tanjungpinang Kota Adipura. Karena itu, kebersihan kota masih menjadi perhatian serius pemerintah ke depan. Sebagai penunjangnya, Tatik akan membenahi infrastruktur, seperti jalan, listrik, dan air bersih. “Kita akan perbaiki dan benahi itu semua,”ujarnya. 

Lantas apa prioritas dalam 100 hari pertama? “Kita tidak pikirkan soal itu. Terpenting kita akan kerja dan kerja,”jawabnya diplomatis.

Sejumlah pekerjaan rumah sudah menanti Tatik-Edward. Seperti pengangguran yang mencapai 10,7 persen, seperti dirilis BPS Kepri, PAD yang tak lebih dari Rp 30 miliar dan masih terjadinya defisit anggaran seperti terungkap dalam pembahasan RAPBD dengan Dewan sehari sebelumnya. Semua itu tentu memerlukan kerja sama tim yang solid dan saling melengkapi. “Makanya kita akan buat tim (kabinet) yang bekerja berdasar teamwork yang solid,”janji dia.

Sinergis-harmonis 
Setelah sempat molor selama setengah jam dari jadwal pukul 10.00, rapat paripurna Dewan dibuka oleh Wakil Ketua DPRD Maria Titiek P Angesti. Di bawah Alquran, Tatik-Edward bersumpah dan siap melaksanakan undang-undang dengan selurus-lurusnya. Pelantikan Tatik-Edward pada Rabu (16/1) di Kantor DPRD Kota Tanjungpinang, oleh Gubernur Kepulauan Riau Ismeth Abdullah dalam rapat paripurna dengan agenda tunggal Pengambilan Sumpah dan Pelantikkan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Terpilih, hasil Pilwako 5 Desember 2007. 

Atas nama Presiden Susilo Bambang Yudhoyono melalui SK Mendagri No. 131.21/02/2008 dan No.131.21/03/2008 tertanggal 4 Januari, Ismeth melantik pasangan Tatik -Edward sebagai pemimpin Bumi Gurindam dalam lima tahun ke depan sejak tanggal dilantik. 

Dalam sambutannya, Ismeth meminta wali kota dan wakil wali kota terpilih bisa bersinergis secara harmonis dengan kalangan Dewan. Juga meminta  pemerintah lebih serius dalam pengelolaan anggaran yang diamanatkan.

Pemanfaatannya agar dilakukan secara bertanggung jawab, efisien, dan transparan. “Dengan tetap berpihak pada kalangan ekonomi yang masih lemah,”tegas Ismeth di hadapan 24 anggota Dewan dan ratusan undangan yang hadir. 

Tak lupa, orang nomor satu Kepri itu juga mengingatkan agar pemerintahan di bawah Tatik tetap serius memperhatikan dan mendukung upaya penegakan hukum. “Guna memberikan rasa keadilan,”ujarnya. 
Hadir pada pelantikkan itu unsur Muspida Tanjungpinang, Bupati Lingga Daria, Wali Kota Batam Ahmad Dahlan, Bupati Bintan Ansar ,Wakil Bupati Karimun Aunur Rofiq, dan sejumlah petinggi Provinsi Kepri dan jajaran yang dibawahi.

|Tribun Batam, 17 Januari 2008

Filed under: Berita, , , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: