Edward Mushalli

sebuah dedikasi untuk bapak Drs. H. Edward Mushalli

Target Kelulusan 85%

Tingkat kelulusan Ujian Nasional (UN) di Tanjungpinang tahun ini diyakini meningkat dibanding tahun sebelumnya. Untuk itu Diknas Tanjungpinang berani menargetkan kelulusan sebesar 85 persen. Target itu dipatok setelah melihat kesiapan dan upaya maksimal yang telah dilakukan pihak sekolah selama ini. Termasuk menjadikan hasil dua kali hasil try out sebagai pengalaman mempersiapkan diri lebih baik.

‘’Kita tergetkan kelulusan 85 persen,’’ ungkap Ahadi, Kepala Diknas Tanjungpinang, Selasa (22/4), menyinggung kinerja pendidikan yang dituju. Meski mengakui target itu terbilang tinggi, namun dia yakin karena telah memantau dan berkordinasi dengan pihak sekolah masing-masing. Bahkan Ahadi juga menyempatkan diri turun ke sekolah membekali siswa yang menghadapi UN. ‘’Orang bilang target itu tinggi, tapi kita tetap harus mencoba,’’ terangnya.

Keyakinan Ahadi didasarkan pada hasil kordinasi dengan masing-masing sekolah. Menurut dia, masing-masing sekolah berani menargetkan kelulusan tahun ini berkisar 80-90 persen. Sehingga Diknas berani menargetkan 85 persen.

Pengakuan senada juga sempat diungkapkan Wakasek SMA Negeri 1 Tanjungpinang, Asmiati. Meski tidak menargetkan kelulusan 100 persen, namun pihaknya meyakini kelulusan UN tahun ini bisa meningkat dibanding tahun lalu.

Dua kali hasil try out yang jeblok menurut Ahadi, bukan menjadi ukuran. Sebaliknya itu justru menjadi pendorong siswa dan guru untuk lebih mempersiapkan diri. ‘’Karena ternyata soal try out lebih sulit dengan soal UN,’’ ungkapnya sehingga siswa sudah disiapkan mentalnya untuk soal dengan kesulitan yang sama. Hal lainnya, para siswa juga telah dibekali  untuk percaya diri. ‘’Siswa harus yakin dirinya bisa,’’ papar dia.

Pada kesempatan sama Ahadi juga meminta PLN untuk memastikan tiadanya pemadaman listrik selama masa ujian. Bahkan pihaknya juga sudah berkirim surat untuk keperluan itu kepada PLN. Lalu bagaimana dengan pelaksanaan ujian sendiri? Sejauh ini berjalan lancar dan diikuti 2429 siswa, baik SMA/MAN/SMK. Menjawab temuan kebocoran soal, Ahadi mengaku sejauh ini belum ada laporan itu. ‘’Alhamdulillah belum ada laporan kebocoran soal,’’ ungkap dia. 

Ahadi juga menjelaskan, belum ada laporan siswa yang mengikuti ujian di Rumah Sakit. ‘’Sampai saat ini belum ada laporan siswa kita yang ujian di rumah sakit,’’ ujarnya.

Meski kemarin pagi hujan deras, Wali Kota Tanjungpinang Suryatati A Manan dan Wakil Wali Kota Tanjungpinang, Edward Mushalli menyempatkan diri memantau pelaksanaan UN. Keduanya berbagi tugas, Suryatati meninjau UN ke SMA 4 dan SMKN 2, sedangkan Edward Mushalli memantau di SMA 2 dan SMEA Pembangunan.

Senada dengan Ahadi, Wali Kota mengharapkan agar tidak terjadi pemadaman listrik selama ujian. ‘’Yah kita harapkan listrik tidak mati selama ujian berlangsung,’’ ujarnya Tatik kepada Tribun saat berkunjung ke SMA 4.(wah/ars)

 

Sehari Dua Mata Ujian

UJIAN nasional (UN) tahun ini memang beda dengan tahun lalu sehingga peserta UN SMA harus mengasah otak lebih lama, karena mata pelajaran yang diujikan menjadi dua setiap harinya dari sebelumnya hanya sehari satu mata pelajaran. Hal itu sebagai konsekuensi penerbitan Permendiknas No. 34 Tahun 2007 yang menambah mata pelajaran yang diujikan untuk SMA menjadi 6 mata pelajaran. Jurusan IPA yaitu matematika, bahasa Indonesia, bahasa Inggris, fisika, kimia dan biologi. Jurusan IPS matematika, bahasa Indonesia, bahasa Inggris, ekonomi, sosiologi, dan geografi.

Dengan nilai rata-rata kelulusan untuk semua mata pelajaran 5,25 dengan tidak boleh ada angka di bawah 4,25 untuk satu mata pelajaran. Selain itu, soal juga dibedakan menjadi soal A dan B guna mengantisipasi upaya contek-mencontek.

|Tribun Batam, 23 April 2008

 

Filed under: Berita, , , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: