Edward Mushalli

sebuah dedikasi untuk bapak Drs. H. Edward Mushalli

BPS: Warga Miskin Tanjungpinang Menurun

  • Dari 6376 Menjadi 5869

Hasil survei Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Tanjungpinang terhadap rumah tangga miskin (RTM) di Kota Tanjungpinang pada akhir 2008 menunjukkan penurunan jumlah warga miskin dibandingkan survei yang dilakukan 2005. Penurunan jumlah tersebut dari 6376 RTM menjadi 5869 RTM.

Kepala BPS Kota Tanjungpinang Amirullah mengatakan, jumlah RTM hasil pendataan sosial ekonomi tahun 2005 di Kota Tanjungpinang mengalami menurun, sementaa jumlah penduduk di Kota Tanjungpinang mengalami kenaikan dibandingkan hasil survei 2005 dari 168 ribu jiwa meningkat menjadi 220 ribu jiwa. Peningkatan jumlah penduduk tersebut seiring  ditetapkannya Kota Tanjungpinang sebagai ibu kota Provinsi Kepri.

“Hasil pendataan program perlindungan sosial BPS Kota Tanjungpinang  2008 lalu, diketahui sebanyak 3521 dari 6376 Rumah Tangga Sasaran (RTS) masih dalam status yang sama dengan hasil survei 2005 tetap dalam keadaan miskin. Selanjutnya BPS melakukan sweeping untuk mendapatkan RTM. Ditemukan sebanyak 2381 RTM yang baru. Sehingga total RTM di Kota Tanjungpinang sebanyak 5869 RTM. Terdiri dari 1609 RTM di Bukit Bestari, 2315 RTM di Kecamatan Tanjungpinang Timur, 803 RTM  di Kecamatan Tanjungpinang Kota dan 1092 RTM di Kecamatan Tanjungpinang Barat,” kata Amirullah.

Terpisah, Wakil walikota Tanjungpianng Edward Mushali mengatakan pelaksanaan program penganggulangan kemiskinan di Kota Tanjungpinang  yang dilaksanakan mulai 2007 hingga 2008 menunjukkan jumlah warga miskin terjadi penurunan.

Dan Pemko Tanjungpinang merasa berbesar hati dengan penurunan di tengah meningkatnya jumlah penduduk Kota Tanjungpinang pada 2008 dibandingkan 2005 lalu. Mudah-mudahan lanjut Edward, untuk melangkah pada program 2009 Pemko Tanjungpinang dapat berbuat lebih baik dan secara langsung dapat menekan angka-angka kemiskinanan di Kota Tanjungpinang.

“APBD Tahun Anggaran 2009 sebentar lagi disahkan, demikian juga DIPA sudah diterima Pemko Tanjungpinang. Oleh karena itu perlu memadukan kegiatan dan pogram dari dinas instansi terkait dalam mewujudkan program pengentasan kemiskinan agar lebih terarah lagi,” ujarnya saat melakukan rapat koordinasi penanggulangan kemiskinan di Kota Tanjungpinang, dihadiri jajaran lurah dan camat serta Kepala BPS dan kepala kantor PT Pos wilayah Tanjungpinang, Selasa (17/2) di ruang rapat kantor walikota Senggarang.

|Sijori Mandiri, 19 Februari 2009

Filed under: Berita, , , , , , , , , , , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: