Edward Mushalli

sebuah dedikasi untuk bapak Drs. H. Edward Mushalli

Calon Sekda Devinitif Masih Dalam Penilaian Walikota

Walikota Tanjunginang Suryatati A Manan telah mengambil keputusan mengejutkan dengan mencopot Sekretaris Daerahnya Raja Izharuddin pada, Kamis (26/2) bulan lalu. Kemudian membiarkan posisi tersebut kosong untuk sementara waktu.

Yang lebih mengejutkan lagi, kemudian Tatik, sapaan Walikota Suryatati A Manan secara mendadak menunjuk Gatot Winoto sebagai Plt Sekda yang secara kepangkatan jelas belum mencukupi.

Jabatan Gatot yang baru dia terima sebenarnya adalah Dinas Pendapatan Kota (Dispenko) Tanjungpinang, setelah mendapat promosi dari Kepala bagian (Kabag) Umum sebelumnya.

Secara kepangkatan, telah diketahui bahwa Gatot jauh dari cukup untuk memegang jabatan Plt Sekda. Namun, hal ini telah dijawab oleh Walikota Tanjungpinang Suryatati A Manan bahwa hal tersebut merupakan hak prerogatifnya sebagai pengambil kebijakan. Selanjutnya, siapapun kelak yang akan diusulkan oleh Tatik untuk menduduki kursi Sekdako Tanjungpinang juga menjadi kewenangannya penuh.

Wakil Walikota Tanjungpinang Edward Mushalli mengutarakan, sejauh ini Pemerintah kota Tanjungpinang masih belum mengajukan nama calon sekretaris daerah (sekda) definitif. Setelah kursi Sekdako kosong, kini sejumlah nama eselon II di lingkungan Pemko Tanjungpinang mulai mencuat ke permukaan. Semua nama-nama tersebut memiliki kesempatan yang sama untuk menduduki jabatan Sekda.

“Belum diajukan kok. Masih pak Gatot (Plt Sekda saat ini),” kata Edward, singkat, Selasa (10/3) kemarin. Menurut dia, lama jabatan pelaksana tugas (Plt) Sekda tergantung kepada walikota. “Bisa enam bulan atau satu tahun. Tergantung walikota. Penentuan sekda definitif merupakan hak preogratif walikota,” papar Edward.

Sejumlah pejabat eselon II, lanjut Edward, saat ini sedang menjalani penilaian untuk dipersiapkan guna diusulkan sebagai calon Sekda definitif nantinya. Setelah melakukan penilaian, kemudian Walikota akan bermusyawarah dengan badan pertimbangan jabatan dan kepangkatan (Baperjakat) untuk mengusulkan tiga nama ke Gubernur yang diteruskan ke Mendagri. Untuk mengajukan nama calon Sekda, Walikota juga akan berkonsultasi dengan wakil walikota untuk bersama-sama menilai nama-nama yang terpilih nantinya.

“Hingga saat ini, Walikota memang belum menanyakan nama calon Sekda yang akan diusulkan kepada saya. Meskipun begitu, Walikota tetap berhak mengajukan langsung nama calon Sekda, tanpa harus berkonsultasi dengan saya,” kata Edward lagi. Sesuai amanat undang-undang, tugas wakil walikota dan Sekda adalah membantu Walikota dalam pengambilan kebijakan, koordinasi dengan seluruh perangkat daerah. Selain itu, Sekda juga berkewajiban untuk membina profesionalitas pegawai negeri sipil, termasuk meningkatkan kinerja institusi mereka.

“Posisi Sekda itu memang berat. Wajar kalau walikota berhati-hati sekali, memilih calon pembantunya itu,” jelas Edward.

Sejumlah Nama Bermunculan Untuk mengisi jabatan Sekda devinitif di Pemko Tanjungpinang yang kosong, saat ini sejumlah nama mulai bermunculan bak cendawan di musim hujan. Dari berbagai sumber, mereka yang disebut-sebut berpeluang untuk menjabat kursi yang baru ditinggalkan Raja Izharuddin itu diataranya Syafrial Efi Kepala Bappeko, Efyar M Amin Kepala Disperindag, Said Parman Kepala Disnakersos, Yusrizal kepala Bapedalda Pemprov Kepri dan Herry Putra staff ahli walikota bidang Pemerintahan.

“Untuk sementara, nama-nama itu yang santer terdengar akan diajukan oleh Walikota menjadi Sekda. Namun siapa tiga orang dari mereka, kita tidak tahu” kata sumber yang namanya enggan diekspose kepada Sijori Mandiri kemarin.

Kepala Bagian (Kabag) Humas Pemko Tanjungpinang Erdawati saat dihubungi tidak tahu menahu soal nama-nama eselon II yang mulai bermunculan tersebut. Menurutya, hal tersebut adalah kewenangan Walikota sepenuhnya, dan siapapun yang akan diusulkan menjadi Sekda kelak adalah hak walikota sebagai pimpinan.

“Itu sudah hak walikota, kita dibawah tidak tahu apa-apa. Beliau juga tidak pernah ngasih bocoran tentang nama-nama yang akan dia usulkan. Sepertinya Walikota belum pernah menyebutkan nama untuk calon Sekda devinitif, karena dia sedang memberikan kesempatan kepada PLt Sekda untuk membuat program kerja beberapa waktu kedepan,” kata Erdawati, Selasa (10/3).(sm/bs)

| Sijori Mandiri, 11 Maret 2009

Advertisements

Filed under: Berita, Pernyataan, , , , , , , , , , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: