Edward Mushalli

sebuah dedikasi untuk bapak Drs. H. Edward Mushalli

Pelantar Bisa Jadi Sandungan Untuk Meraih Adipura

Penilaian Tahap Akhir Berlangsung

Tim penilai Adipura akan mulai menilai titik penilaian Adipura di Tanjungpinang, Senin (4/4). Sejumlah persiapan pun telah dilakukan, hanya saja masih ada sejumlah tempat yang masih perlu perbaikan seperti daerah pemukiman dan pelantar yang mungkin akan menjadi sandungan untuk memperoleh adipura.

“Rencananya Senin ini tim penilai Adipura dari pusat akan turun menilai di Tanjungpinang,” ujar Edward Mushalli, Wakil Walikota Tanjungpinang yang juga ketua tim Adipura Tanjungpinang, Sabtu (3/4).

Edward yakin Tanjungpinang sudah siap dinilai. Bahkan sejak  jatuhnya nilai kota gurindam pada penilaian tahap I, tim Adipura sudah bekerja lebih giat.

Sekolah-sekolahpun sudah tidak lagi membakar sampah sembarangan. Beberapa sekolah saat ini justru membuat kompos dari daur ulang sampah. Selain itu, beberapa bak sampah dan kontainer sudah tak lagi menumpuk. Bahkan terakhir petugas kebersihan sudah bekerja selama dua shift, sehingga kota lebih bersih baik pagi maupun sore.

Kebersihan Tempat Pembuangan Akhir (TPA)ikut menjadi nilai plus. Bahkan setiap tahunnya TPA Tanjungpinang selalu memberikan nilai yang baik. “TPA kita yang bagus dan bersih, bila dibandingkan dengan beberapa daerah lain,” ujar Edward.

Sejumlah pengusaha juga ikut berpartisipasi, dengan menyumbang 200 tong sampah melalui Kantor Kebersihan, Pertamanan dan Pemakaman Tanjungpinang. Selanjutnya  tong sampah tersebut disebar di beberapa tempat seperti pasar dan juga Tepi Laut.

Hanya saja masih ada beberapa tempat yang masih perlu perbaikan, seperti perumahan dan juga pelantar. Edward yakin tidak ada kata terlambat untuk membenahi tempat-tempat tersebut kendati penilaian sudah berjalan.

“Tak ada kata terlambat untuk memperbaiki,” ujar Edward. Diharapkan juga masyarakat tidak membuang sampah di pelantar dan juga dapat menahan diri membuang sampah sembarangan.

Karena selama ini masih ada masyarakat yang membuang sampah dari kendaraan. Jika hal tersebut diperbaiki, Edward yakin Tanjungpinang akan berhasil meraih Adipura.(opi)

|Tribun Batam, 04 Mei 2009

Filed under: Berita, , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: