Edward Mushalli

sebuah dedikasi untuk bapak Drs. H. Edward Mushalli

PKJ-Putri dan SetKab Karimun-Putra Juara

Luar biasa,…begitu decak kagum penonton memadati Sport Hall Tumenggung Abdul Jamal, Muka Kuning, saat menyaksikan jalannya partai puncak turnamen bolavoli terbuka Sijori Mandiri Cup III 2009, Selasa malam (12/5).

Sijori Mandiri Cup III

Sijori Mandiri Cup III

Decak kagum penonton yang beragam, baik penampilan duel musuh bebuyutan antara tim putri PKJ berhadapan dengan PLN Batam yang bermain hingga 5 set, juga jumlah penonton yang melebihi kapasitas tempat duduk itu yang hanya sekitar 3.500 kursi.

“Iven pertama yang mampu menyedot perhatian penonton semenjak Sport Hall dibangun tahun 2002 silam,” cetus Nur Syafriadi, Ketua DPRD Provinsi Kepri, saat menyaksikan jalannya serangkaian final yang diawali dari perebutan tempat ketiga dimenangkan tim putri Setkab Karimun dan tim putra Pasoepati Tanjunguban, dilanjutkan perebutan gelar juara tim putra dimenangkan Setkab Karimun atas McDermott VC dan puncaknya perebutan gelar tim putri dimenangkan PKJ setelah mengalahkan PLN Batam.

Dijelaskan Nur yang juga Ketua Harian KONI Kepri, berbagai iven daerah, wilayah, nasional, regional hingga bertaraf internasional pernah digelar baik bulutangkis, tinju, bolabasket hingga bodicontac di Sport Hall ini, baru kali ini iven mampu menyedot perhatian penonton masyarakat Kota Batam khususnya dan Provinsi Kepri pada umumnya yang melebihi kapasitas tempat duduk hingga berdesak-desakan duduk dan berdiri di pinggir lapangan.

“Penonton yang juga ramai sebelum ini pernah ada, saat berlangsungnya Sanyo Indonesia Open 2003, turnamen bulutangkis internasional. Setelah itu, banyak iven lainnya pernah digelar tapi tidak seramai dan membludak seperti ini,” kata Joko, pegawai jaga Sport Hall.

Penonton berdesak-desakan, tak lebih dikarenakan partai final baik tim putra maupun putri merupakan pertarungan gengsi bagi tim-tim kuat di Kepri ini yang melaju hingga ke puncak. Dan juga, tim-tim yang akan merebut serta mempertahankan juara bermaterikan pemain-pemain bintang proliga yang diborong masing-masing tim peserta.

PKJ Rebut Juara

Partai puncak yang mempertemukan PKJ dan PLN Batam, dua tim musuh bebuyutan sejak Sijori Mandiri Cup I 2007 dan Sijori Mandiri Cup II 2008 itu, berupaya untuk saling memenangkan pertandingan.

Bagi PKJ, kemenangan diraih merupakan balas dendam atas kekalahan di partai puncak dua tahun berturut-turut dan hanya berkesempatan menjadi runner up. Sedangkan PLN Batam, kekalahan ini sangat menyesakkan karena dua piala bergilir Gubernur Kepri dan Harian Pagi Sijori Mandiri terlepas setelah dua tahun mampu dipertahankan.

Set penentuan dengan selisih angka sangat tipis, 15-12 telah mengantarkan asuhan Saparuddin Muda ini mampu mengubur impian asuhan PLN Batam untuk mencetak hattrick juara. Sempat unggul dua set awal, 25-23 dan 25-21, dapat dicuri PLN Batam untuk menyamakan kedudukan dengan 23-25,22-25.

Tragis memang bagi PLN Batam, namun itulah hasil dari serangkaian perjuangan selama turnamen digelar sejak 30 April 2009 lalu. Usai partai final tersebut dilanjutkan dengan penyerahan piala bergilir, pila tetap dan hadiah uang tunai pada para pemenang.

Hadir pada kesempatan itu, Wakil Gubernur Kepri HM Sani, Ketua DPRD Kepri Nur Syafriadi, Wakil Walikota Tanjungpinang Edward Mushalli, Wakil Bupati Karimun Aunur Rafiq, Asisten III Pemko Batam Maaz Ismail, Direktur PLN Batam Zainudin, Ketua Harian KONI Batam Edi Sihite, Kabid Olahraga Dispora Kepri, Kadis Pertanahan Kota Batam Buralimar, Pimpred Riau Mandiri Dheny Kurnia, Pimpred Sijori Mandiri Zul Effendi dan Pimpinan Perusahaan Sijori Mandiri Sofialdi.

Tim bolavoli putri Putra Kelana Jaya (PKJ) menjadi kampium dalam turnamen terbuka Sijori Mandiri Cup III. Setelah menunggu 2 tahun menjadi runner up, tim asuhan Saparudin Muda ini akhirnya bisa merebut trophy bergilir dari genggaman sang juara bertahan PLN. Dalam pertandingan yang cukup dramatis, PKJ mengalahkan PLN dengan skor 3-2 (25-23,25-21,23-25,22-25,15-12) di Indoor Sport Hall Temenggung Abdul Jamal, Selasa (12/5).

Kedua tim sama – sama menurunkan formasi dan permainan terbaiknya. 5000-an penonton yang memadati Sport Hall dibuat terkagum – kagum dengan aksi para pemain bintang proliga dan pemain nasional.

PKJ yang menurunkan pemain seperti Intan, Desy, Susanti, Ririn, Maya Indri serta Wenny langsung menggebrak dengan melancarkan smash keras ke pertahanan tim PLN.

Kokohnya pertahanan yang digalang pemain PLN, membuat perolehan angka begitu rapat dan selalu berimbang. Namun, akibat kesalahan yang dilakukan beberapa pemain PLN, set pertama PKJ berhasil unggul 25-23.

Memasuki set kedua, PLN yang menurunkan Agustin, Yulia Ismaganti, Berlina, Maya Rosalina, Herlina S, Eri Widi belum bisa keluar dari tekanan para pemain PKJ. Alhasil, di set ini PKJ kemabli unggul dengan angka 25-22 dan merubah skor sementara menjadi 2-0.

Tidak mau dipermalukan
Pada babak pertama, tim PLN dan PKJ saling melakukan serangan balik dengan melakukan smash keras oleh masing-masing pemain andalannya. Kendati demikian, tim putri PLN harus mengakui keunggulan PKJ dengan poin 23-25.

Setelah beberapa menit istirahat, pertandingan yang dipimpin oleh wasit Supriandi ini kembali dimulai. Memasuki babak kedua, Desi, pemain PKJ dengan nomor kostum 9, Desy ini bersama teman-temannya terus membombardir bola ke wilayah pertahanan lawan. Atas kersama yang baik, tim PKJ berhasil kembali unggul atas tim PLN dengan angka 25-21.

Ribuan penonton yang memadati tempat duduk di Sport Hall terus meneriaki yel-yel untuk mendukung tim faforitnya masing-masing. Meskipun tim PLN sudah tertinggal dua set, dan peluang kemenangan sudah terbuka lebar bagi tim bolavoli PKJ, tapi itu tidak membuat patah semangat bagi tim putri PLN.

Atas dasar kerjasama yang baik, tim bolavoli PLN dapat mengejar ketertinggalannya pada babak pertama dan kedua tadi. Dibabak ketiga ini, pemain PLN tampak terbakar semangat untuk melakukan serangan balik terhadap lawannya untuk meraih ketertinggalan. Lewat umpan manis yang dilakukan pentoser, Erni pemain dengan nomor dada 3 dari tim PLN ini beberapa kali melakukan smas keras yang tak dapat terbendung oleh tim PKJ.

Babak ketiga ini, tim PLN lebih meningkatkan konsentarsi dan kerjasama tim yang baik. Alhasil, tim asuhan Asisten pelatih PLN Batam Riyanto ini berhasil mengalahkan tim PKJ berturut-turut pada angka 25-23,25-22 sehingga kedudukan berubah menjadi 2-2 pada babak keempat. Kurang lebih 15 menit berada di kursi istirahat, kedua tim kembali bertanding dengan hasil akhir 15-12, kemenangan bagi tim putri PKJ. Dengan demikian, tim PKJ berhak membawa pulang piala bergilir pada turnamen Sijori Mandiri cup III tahun 2009.

Sebagai Silaturrahmi

Turnamen bolavoli Sijori Mandiri Cup III kali ini merupakan momentum penting bagi seluruh lapisan masyarakat. Wakil Gubernur Kepri, HM. Sani ikut hadir dalam penutupan turnamen ini kepada Sijori Mandiri mengatakan, turnamen bolavoli selain sebagai salah satu iven untuk meningkatkan prestasi dibidang olehraga, namun paling utama adalah membangun silaturahmi antar sesama umat manusia.

Dalam bidang ekonomi, dengan adanya turnamen tersebut tentunya dapat membantu masyarakat khususnya pedagang kaki lima dapat meraup rizki, dengan menjajakkan barang jualannya di lokasi pertandingan. ADanya rasa kecintaan terhadap olahraga, kata Sani, tentunya akan dapat mengurangi terjadinya kasus kriminalitas di lingkungan masyarakat, terutama kalangan remaja.

Langkah kedepan dalam rangka pembinaan olahraga khususnya bolavoli, Sani berharap adanya peran serta masyarakat secara positif dalam rangka memajukan olahraga bolavoli di Kepri. “Tanpa adanya peran serta dari masyarakat, maka pemerintah ataupun pembina olahraga tak akan bisa melakukannya,” kata Sani.

Guna meningkatkan pemain bolavoli yang handal maka sudah barang tentu harus didukung oleh segala fasilitas pendukung lainnya, seperti lapangan khusus bolavoli. “Pemerintah mendukung penuh atas pembangunan guna meningkatkan pemain bolavoli yang handal,” ujarnya. (sm/li)

|Sijori Mandiri, 13 Mei 2009

Filed under: Berita

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: