Edward Mushalli

sebuah dedikasi untuk bapak Drs. H. Edward Mushalli

Pacu Naga Untuk Keselamatan

Sora-sorai supporter yang menonton dari puluhan pompong, seakan menjadi irama pemacu semangat para pendayung perahu naga, Kamis (4/6). Para pendayung tersebut saling pacu untuk menjadi yang pertama sampai ke garis finish.

Beberapa pompong terlihat berbaris di sepanjang jalur pacuan. Sedangkan pompong yang berada di belakang perahu naga kemudian mengikuti perahu naga tersebut dari belakang hingga sampai garis finish.

Pacu perahu naga tersebut diikuti oleh empat tim dari Pelantar 2, Pelantar 3, Pelantar Ali Baba dan juga tim dari Sungai Ladi. Memang tidak banyak yang mengikuti pacu tersebut, mengingat keterbatasan geografis.

“Pacu ini kan tergantung dari pasang air laut. Air laut saja pasang sudah sore, kalau tim yang bertanding banyak maka terpaksa sampai malam dan itu berbahaya,” ujar Hendara, Ketua Panitia Acara.

Perlombaan tersebut memperebutkan piala tetap panitia dan juga piala bergilir dari Wali Kota. Pacu perahu naga tersebut merupakan bagian dari ritual keselamatan laut yang digelar Yayasan Kwang Kong.

Ritual yang digelar setiap tahun tersebut, dimaksudkan untuk berdoa kepada Dewa Kwang Kong agar masyarakat selamat mencari rezeki di laut. Apalagi tidak sedikit mereka yang tinggal di pelantar dan juga di laut.

Sedangkan ritual sembahyang baru akan dilakukan hari ini, Jumat (5/6), pada pukul 10.00. Selain itu juga akan ada acara lelang souvenir dan juga malam hiburan, untuk menambah semarak. Hasil lelang tersebut nantinya akan dimasukan ke dalam kas yayasan agar untuk dapat terus melestarikan budaya keselamatan laut, yang sudah menjadi tradisi turun temurun. Acara tersebut dibuka oleh Edward Mushalli, Wakil Wali Kota Tanjungpinang yang memotong pita dari atas pompong.(opi)

Sumber: Tribun Batam, 06 Juni 2009

Filed under: Berita, , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: