Edward Mushalli

sebuah dedikasi untuk bapak Drs. H. Edward Mushalli

SBY Titip Pesan ke Tatik

“Selamat & Salam Untuk Warga Tanjungpinang”

Warga Kota Tanjungpinang, mendapat salam dan ucapan selamat dari Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) karena telah berhasil kembali meraih piala Adipura sebagai lambang kebersihan pada tahun 2009 ini. Pesan itu disampaikan langsung Presiden kepada Wali Kota Tanjunginang, Suryatati A Manan, saat menyerahkan piala Adipura di Istana Negara, Jumat (5/6).

Penyerahan Piala Adipura Kepada Walikota Tanjungpinang

“Yah Pak Presiden tadi titip pesan ke saya. Beliau menyampaikan ucapan selamat dan salam buat masyarakat Tanjungpinang,” ujar Suryatati A Manan saat dihubungi Tribun kemarin sore.

Menurut Suryatati, pesan yang disampaikan presiden itu menunjukkan bahwa keberhasilan meraih piala adipura adalah kesuksesan seluruh masyarakat Tanjungpinang. “Tolong sampaikan kepada masyarakat Tanjungpinang, pertahankan budaya hidup bersih,” ujar Suryatati menirukan ucapan Presiden SBY.

Atas keberhasilan Kota Tanjunginang kembali meraih Adipura, Suryatati mengaku sangat senang sekali. “Tadi saat menerima piala dari presiden saya sempat terharu sedikit,” ujar Wali Kota yang akrab disapa Tatik ini.

Meski demikian kembali menegaskan, bahwa keberhasilan meraih adipura adalah keberhasilan masyarakat Tanjungpinang. “Untuk itu saya mengimbau agar dipertahankan, dengan membudayakan pola hidup bersih, dan melakukan penghijauan, seperti menanam pohon,” jelasnya.

Keliling Kota
Secara terpisah Edward Mushalli, Wakil Wali Kota Tanjungpinang tak dapat menyembunyikan rasa gembira dan bangganya. Pasalnya setelah melalui berbagai tahap penilaian, akhirnya Tanjungpinang berhasil meraih piala Adipura.

“Alhamdulillah Kota Tanjungpinang berhasil meraih piala Adipura,” ujar Edward yang juga Ketua Tim Peraih Adipura. Tanjungpinang berhasil meraih Adipura dengan nilai 74, meningkat dibandingkan tahun lalu yang mengumpulkan angka 73.

Memang untuk berhasil meraih Adipura, nilai yang dicapai harus lebih tinggi dari sebelumnya. Menurut Edwar titik penilaian yang paling tinggi meraih angka yaitu tempat pembuangan akhir (TPA).

Bila dibandingkan dengan daerah lain, TPA Tanjungpinang tak mirip dengan tempat pembuangan. Aroma kurang sedap yang biasanya menyebar di TPA, tak terasa di TPA Tanjungpinang.

Namun peran petugas kebersihan sebagai ujung tombak kebersihan Kota Tanjungpinang juga tak ketinggalan. Termasuk juga masyarakat, yang juga turut menjaga kebersihan, terutama pada saat penilaian.

Karena itu, piala Adipura tersebut didedikasikan kepada seluruh masyarakat Tanjungpinang. “Piala Adipura ini dipersembahkan untuk seluruh masyarakat Tanjungpinang dan juga pasukan kuning (petugas kebersihan) yang telah bekerja keras,” ujar Edward.

Sesuai dengan janji Wali Kota pula, pasukan kuning akan diberikan bonus bila Tanjungpinang meraih Adipura. Setiap petugas kebersihan akan mendapatkan bonus sebesar Rp 500 ribu.

Syahdan (59) seorang petugas kebersihan mengaku bangga Tanjungpinang berhasil meraih piala kebersihan kota tersebut. Ia juga mengaku senang akan meraih bonus Rp 500 ribu. Rencananya uang itu akan digunakan untuk kebutuhan rumahtangga.

Piala tersebut akan tiba di Tanjungpinang pada hari ini. “Pukul 11.00 piala akan tiba di bandara kita dan seluruh unsur Muspida akan turut menjemput,” ujar Edward. Rencana penyambutanpun sudah disiapkan. Piala tersebut nantinya akan diarak keliling kota agar dapat disaksikan masyarakat.

Rute arak-arakan tersebut berakhir di Ocean Corner di mana seluruh pasukan kuning sudah menanti untuk acara syukuran. Acara syukuran kembali dilanjutkan malamnya di Hotel BBR.(opi)

Sumber: Tribun Batam, 06 Juni 2009

Filed under: Berita, , , , , , , , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: