Edward Mushalli

sebuah dedikasi untuk bapak Drs. H. Edward Mushalli

Sembilan Parpol di Tanjungpinang Terima Bantuan

TANJUNGPINANG–Sembilan partai politik (parpol) yang mendapat kursi di DPRD Kota Tanjungpinang, Provinsi Kepulauan Riau, periode 2004-2009 masih menerima dana bantuan keuangan parpol.

“Bantuan tersebut untuk penunjang kegiatan pendidikan politik dan operasional sekretariat partai politik,” kata Kepala Kesbangpolinmas, Tanjungpinang, Juramadi Esram, di hotel Sampurna Jaya, Kamis.

Juramadi mengatakan, sembilan partai yang mendapat dana setiap tahun adalah parpol yang mendapat kursi di DPRD Kota Tanjungpinang, sedangkan besar dana itu tergantung dari jumlah kursi yang diperoleh parpol di DPRD.

“Tahun 2009 ini, dana yang diberikan hanya dua pertiga dari total keseluruhan yang diterima partai, karena masa jabatan anggota DPRD yang lama berakhir tanggal 31 Agustus 2009,” ujarnya. Dikatakan Juramadi, sisa satu pertiga lagi akan dibayarkan kepada parpol yang baru.

“Untuk parpol yang mendapat kursi di DPRD tahun 2009 ini, besar dana bantuan tidak tergantung jumlah kursi lagi, melainkan jumlah suara yang diperoleh partai. untuk satu suara dibayar Rp6.538 ribu,” ujarnya.

Ia menambahkan, sembilan parpol yang mendapat bantuan tersebut adalah, PDI-P sebesar Rp80 juta (enam kursi), Partai Golkar Rp40 juta (tiga kursi), PAN Rp40 juta (tiga kursi), PKS Rp40 juta (tiga kursi), Demoktar Rp40 juta, Patriot Pancasila Rp40 juta (tiga kursi).

Juramadi menambahkan, PPP mendapatkan Rp26 juta (dua kursi), serta PDK dan PKB masing-masing mendapat Rp13 juta karena sama-sama satu kursi.

Parpol yang akan menerima bantuan setelah pelantikan anggota DPRD Kota Tanjungpinang, Juramadi mengatakan ada mengalami penambahan jumlah, yaitu menjadi 11 parpol. “Sebagian parpol baru dan sebagian papol lama,” tambahnya.

Sementara Wakil Walikota Tanjungpinang, Edward Mushalli yang memberikan dana bantuan secara simbolis mengharapkan dapat mempertanggungjawabkan penggunaan dana tersebut untuk kepentingan partai politik.

“Kami juga mengharapkan kepada parpol mempunyai komitmen yang jelas untuk membangun Kota Tanjungpinang untuk kesejahteraan masyrakat,” ujarnya. ant/pur

Republika.co.id

Filed under: Berita, Pernyataan, , , , , , , , , , , ,

One Response

  1. RUDI BTH says:

    Partai dibantu negara? Hahaha… Trus petinggi-petingginya masih bicara tentang idealisme? Aneh bin ajaib gitu loh!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: