Edward Mushalli

sebuah dedikasi untuk bapak Drs. H. Edward Mushalli

Beli BBM Pakai Kartu Fasilitas

TANJUNGPINANG, TRIBUN – Mulai Desember, jika Anda ingin membeli Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis premium dan solar harus menggunakan Kartu Fasilitas. Hal tersebut dilakukan untuk mendata dan mengontrol konsumsi BBM subsidi, agar tak disalahgunakan.
Pasalnya subsidi BBM Rp 2 ribu perliternya tersebut hanya berhak dinikmati oleh masyarakat saja. Sedangkan BBM untuk industri tak lagi disubsidi. “Ini dilakukan untuk menghindari penyelewengan penggunaan BBM subsidi,” ujar Hendri Ahmad, Kapokja Direktorat BBM BPH Migas.
Indikasi tersebut ada karena ketika harga minyak mentah dunia meningkat, permintaan BBM subsidi juga meningkat. Karena itu perlu dilakukan pendataan. “Dengan diberlakukannya kartu subsidi ini, kita juga akan tahu jumlah konsumsi BBM yang diperlukan oleh masyarakat,” ujar Wakil Wali Kota Tanjungpinang, Edward Mushalli.
Untuk mendapatkan kartu fasilitas tersebut, masyarakat cukup mengisi formulir yang tersedia di SPBU, Bagian Ekonomi Pemko Tanjungpinang dan Pemkab Bintan, Kantor Samsat, Kantor Kecamatan dan Polres. Juga harus menyertakan fotocopy KTP serta STNK.
Setelah mengisi formulir nantinya masyarakat dapat mengambil kartu fasilitas tersebut ditempat penyerahan formulir. Kartu tersebut juga harus diisi dengan voucher agar dapat digunakan untuk membeli BBM.
“Jumlah pengisian voucher beragam, mulai Rp 15 ribu sampai Rp 1 juta,” ujar Fery Novrika, Humas Tim Implementasi BPH Migas. Saat ini kartu fasilitas tersebut hanya dapay digunakan untuk mengisi BBM pada alat transportasi darat saja. Namun tidak tertutup kemungkinan nantinya masyarakat dapat menggunakan kartu tersebut untuk membeli BBM bagi mesin genset.Tapi, hal tersebut masih akan dipelajari lagi dan dibuat regulasinya.
Masyarakat diharapkan secepatnya dapat mengisi formulir kartu fasilitas tersebut, karena pada awal Desember penggunaannya akan segera diberlakukan. Hal tersebut disampaikan pada acara Sosialisasi Program Ujicoba Implementasi Sistem Pengawasan dan Pengaturan BBM Premium dan Solar Untuk Transportasi Darat. (opi)
Sumber: Tribun Batam

Filed under: Berita, Pernyataan, , , , , , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: