Edward Mushalli

sebuah dedikasi untuk bapak Drs. H. Edward Mushalli

Pengunjuk Rasa Rusak Pagar Kantor KPU Kepri

TANJUNGPINANG–MI: Pagar Kantor KPU Kepri, Kamis (8/4), dirusak sekitar 300 orang pengunjuk rasa yang menuntut tahapan pilkada ditunda.

Massa yang mengatasnamakan Komite Rakyat Pemilukada Bersih juga menuntut seluruh anggota KPU Kepri mengundurkan diri atau diganti, karena tidak melaksanakan tugas secara adil.

“Jangan pernah takut. Mari perjuangkan kebenaran,” kata Koordinator Aksi Said Abdullah yang berupaya memprovokasi massa memasuki Kantor KPU Kepri yang dijaga oleh petugas kepolisian.

Kantor yang digunakan anggota dan staf KPU Kepri merupakan milik RRI. KPU Kepri menyewa kantor itu sejak 2007.

Massa mendesak menemui anggota KPU Kepri. Namun seluruh anggota KPU Kepri tidak berada di kantor, karena menghadiri simulasi pengamanan pilkada yang digelar Polda Kepri di Batam.

Sebagian pengunjuk rasa diduga massa pendukung Huzrin Hood-Wan Ahmad Adib Zain, bakal calon gubernur dan wakil gubernur Kepulauan Riau yang gagal menjadi peserta pilkada. Massa berasal dari Batam, Bintan, dan Tanjungpinang.

Massa menuntut KPU Kepri menggugurkan calon gubernur dan wakil gubernur Kepri yang tidak memenuhi persyaratan, yang menjadi temuan Panwaslu.

“Kami minta Panwaslu Kepri mengusut pelanggaran yang dilakukan KPU,” kata Syafriansyah.

KPU Kepri pada 26 Maret 2010 menetapkan Nyat Kadir-Zulbahri, Aida Zulaikha Ismeth-Eddy Wijaya dan HM Sani-Surya Respationo sebagai calon gubernur dan wakil gubernur. Pada saat itu Huzrin-Adib dinyatakan gugur karena tidak memenuhi persyaratan pencalonan.

Komite Rakyat Pemilukada Bersih menemukan surat keterangan tidak sedang dinyatakan pailit (formulir model BB6-KWK-Parpol-KPU) yang diajukan Aida, Eddy dan Surya yang diduga melanggar Peraturan KPU Nomor 68/2009.

“Seharusnya KPU Kepri menggugurkan bakal calon gubernur dan wakil gubernur yang tidak memenuhi persyaratan,” katanya. (Ant/OL-02)

Kamis, 08 April 2010 15:48 WIB
http://www.mediaindonesia.com

Filed under: Berita, , , , , , , , , , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: