Edward Mushalli

sebuah dedikasi untuk bapak Drs. H. Edward Mushalli

DEKRANASDA Kembangkan Hasil Kerajinan

TANJUNGPINANG – Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Tanjungpinang melakukan terobosan baru dalam mengembangkan kerajinan tangan khas kedaerahan. Terobosan tersebut adalah dengan menjadikan syair Gurindam Duabelas sebagai ikon setiap produknya.
Jika selama ini kerajinan yang ada hanya mengedepankan keindahan bentuk berupa miniature bangunan serta bentuk-bentuk handycraft lainnya, kini kreasi yang dihasilkan lebih berani dengan mengolaborasikan antara keindahan bentuk serta penyisipan syair-syair yang diambil dari Gurindam Duabelas karya Raja Ali Haji.
Ketua Dekranasda Kota Tanjungpinang, Wan Fazillah Edward Mushalli mengatakan, terobosan tersebut diambil dengan pertimbangan yang sangat matang. Selain untuk mengenalkan Kota Tanjungpinang melalui berbagai kerajinan yang dihasilkan, keberadaan syair Gurindam Duabelas sendiri untuk mengenalkan kepada masyarakat akan nilai-nilai ajaran yang dikembangkan di tanah Melayu sejak turun-temurun.
“Ini merupakan salah satu cara yang kita lakukan untuk membantu program pemerintah. Yang mana kebijakan pemerintah adalah ingin mewujudkan Tanjungpinang sebagai Kota Gurindam. Maka, kita dari Dekranasda menghasilkan kerajinan yang dalam kerajinan itu aka nada kata-kata Gurindam. Isinya penuh dengan pesan social dan agama,” kata Wan Fazillah dikediamannya, Rabu (28/4).
Untuk mewujudkan hal tersebut, Dekranasda Tanjungpinang telah memulainya dengan menghimpun pengrajin-pengrajin dari Tanjungpinang. Saat ini, pengrajin tersebut telah dikumpulkan dalam satu wadah . Dalam wadah tersebut, mereka dididik untuk menghasilkan kerajinan-kerajinan yang bermutu.
Untuk meningkatkan mutu serta kuantitas produk, Dekranasda juga belajar dari daerah lain. Termasuk mendatangkan pelatih pengrajin dari sejumlah daerah untuk kemudian melatih pengrajin-pengrajin yang ada. (sm/bs)

Sumber: Sijori Mandiri

Advertisements

Filed under: Berita, , , , , , , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: