Edward Mushalli

sebuah dedikasi untuk bapak Drs. H. Edward Mushalli

Edward: Keberhasilan Kolektif

Bisa Pertahankan Adipura 2 Tahun Berturut-turut

TANJUNGPINANG, TRIBUN – Kota Tanjungpinang dua tahun berturut-turut berhasil meraih penghargaan sebagai kota terbersih dan memiliki pengelolaan lingkungan perkotaan terbaik. Dengan keberhasilan ini, maka Kota Tanjungpinang berhak mendapat penghargaan Adipura yang akan diserahkan langsung oleh Presiden Republik Indonesia.
Keberhasilan Tanjungpinang mendapat dua kali penghargaan Adipura disambut gembira oleh Ketua Tim Adipura Tanjungpinang, Edward Mushalli. Ia patut gembira karena dibawah kepemimpinannya, tim berhasil melakukan supervise keberhasilan yang berujung kepada kembali bersemayamnya piala Adipura di Kota Tanjungpinang.
Namun demikian, Edward melihat keberhasilan ini bukanlah keberhasilan Tim Adipura Tanjungpinang saja, melainkan keberhasilan kolektif. “Pertama-tama kita bersyukur kepada Tuhan karena Tanjungpinang berhasil mempertahankan Adipura selama dua tahun berturut-turut. Selain itu, kami juga berterimakasih kepada seluruh komponen masyarakat Tanjungpinang utamanya petugas kebersihan yang terus berjerih payah menjaga kota ini tetap bersih,” kata Edward sumringah, Senin (7/6).
Lebih lanjut Edward mengatakan bahwa Adipura ini hanyalah sebuah sasaran antara, untuk menuju Tanjungpinang Kota Bersih. Dengan adanya program Tanjungpinang Kota Bersih, diharapkan kedepannya seluruh sudut kota Tanjungpinang akan bersih dan indah.
Untuk meraih Adipura dan tercapainya tujuan Tanjungpinang kota bersih tidaklah semudah membalikkan telapak tangan. Tantangan terbesar yang dihadapi adalah terbatasnya sarana dan prasarana kebersihan dan membiasakan pola hidup bersih bagi masyarakatnya. Untuk sarana dan prasarana, Edward bersyukur karena didukung penuh oleh Pemprov Kepri dalam hal ini Dinas Pekerjaan Umum (PU). ‘Kami juga mengucapkan terimakasih karena Dinas PU sudah ikut membantu kami menyediakan kendaraan kebersihan. Kami berharap, kerjasama ini kedepannya dapat diteruskan lagi,” harapnya.
Untuk meraih Adipura, Kementerian Lingkungan Hidup menetapkan dua indicator utama. Adapun indikator penilaian itu adalah kondisi fisik lingkungan perkotaan, dalam hal kebersihan dan keteduhan kota. Selain itu, tim juga menilai pengelolaan lingkungan perkotaan (non fisik) yang meliputi institusi manajeman dan daya tanggap kebersihan kota. (eik)

Kutipan dari: Tribun Batam

Filed under: Berita, , , , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: