Edward Mushalli

sebuah dedikasi untuk bapak Drs. H. Edward Mushalli

Duo HMS Ditetapkan Sebagai Pemenang Pemilukada Kepri 2010

Peroleh 37,30 Persen Suara

TANJUNGPINANG-Komisi Pemilihaan Umum Daerah (KPUD) Provinsi Kepri menetapkan pasangan HM. Sani-HM. Surya Respationo (Duo-HMS) sebagai pememang Pemilukada Provinsi Kepri 2010, dengan perolehaan suara 231.953 suara atau 37,30 persen dari suara sah. Selanjutnya, pasangan Duo-HMS akan ditetapkan sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur terpilih Provinsi Kepri 2010-2015.

Penetapan itu dilakukan KPU Kepri melalui Surat Keputusan (SK) Nomor 34/Kpts/KPU.Kepri/031/2010, melalui rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil penghitungan suara Pemilihaan Gubernur dan Wakil Gubernur Kepri 2010, yang dilaksanakan di hotel Bintan Permata Beach Pantai Impian, Tanjungpinang, Rabu (9/6/2010).

Sedangkan dua pasangan lainya, masing-masing Nyat Kadir-Julbahri (NKRI) dengan nomor urut 1 hanya memperoleh 195.847 suara atau 31,49 persen. Sedangkan pasangan calon nomor urut 3 Aida Zulaikha Ismeth-Eddy Wijaya (Aida-Berjaya) memperoleh lebih kecil suara dibanding kedua pasanga calon lainya, yakni hanya 194.847 suara atau 31,21 persen.

Berdasarkan laporan rekapitulasi penghitungan suara KPU Provinsi Kepri yang dibacakan Ketua Pokja Penghitungan KPU Kepri Tibrani, jumlah pemilih Provinsi Kepri berdasarkan daftar pemilih tetap (DPT) sebanyak 1.222.626. Dan dari 649.806 pemilih yang menggunakan hak pilihnya di TPS, 621.847 suara dinyatakan suara sah dan sebanyak 27.959 suara tidak sah. Sedangkan warga yang tidak menggunakan hak pilihnya pada Pemilukada Kepri 2010 sebanyak 574.612 jiwa.

Dari rekapitulasi perolehan suara yang dilakukan KPU Kerpri, berdasarkan rekapitulasi yang dilaporkan masing-masing KPU kabupaten/kota, pasangan nomor urut 2 Dua-HMS menang di 5 kabupaten kota, meliputi Kota Tanjungpinang dengan perolehan 36.449 dari totol suara sah, Kabupaten Bintan dengan perolehan 23.956 suara, Karimun 38.681 suara, Natuna 8.450 suara, dan Anambas 8.085 suara.

Sementara pasangan calon nomor urut 1 Nyat Kadir-Julbahri memenangkan perolehan suara di Kota Batam dengan jumlah 107.196 suara dan Kabupaten Lingga dengan jumlah 24.868 dari jumlah suara sah.

Usai membacakan rekapitulasi, Ketua Panwaskada Provinsi Kepri Edward Mandala mengatakan, dari sejumlah rekapitulasi yang dilakukan KPU kabupaten/kota, hingga saat ini Panwaskada Kepri dapat menerima dan dinyatakan sah, kecuali Kota Batam, terkait mengenai adanya peneambahaan surat suara KPU Kota Batam dan Kabupaten Lingga yang belum dilaporkan ke Panwasda berdasarkan berita acara.

“Secara keseluruhan, kita dapat menerima dan kita nyatakan rekapitulasi penghitunganya sah. Sedangkan Kota Batam dan Lingga, kita meminta diberikan berita acara penambahaan surat suara yang dilakukan,” sebut Edward Mandala.

Selanjutnya, Ketua KPU Kepri Dra Den Yelta menyatakan, rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil penghitungan suara Pemilihaan Gubernur dan Wakil Gubernur Kepri 2010 dinyatakan sah dengan keputusan KPU Kepri.

“Selanjutnya, dengan hasil rekapitulasi penghitungan perolehan suara Pemilukada Kepri ini, dalam waktu dekat KPU kepri akan menetapkan calaon pemenang dan akan mengajukannya ke pemerintah,” pungkasanya.(Tpi/Btd)

Sumber: batamtoday.com

Advertisements

Filed under: Berita, , , , , , , , , , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: