Edward Mushalli

sebuah dedikasi untuk bapak Drs. H. Edward Mushalli

Pekerjaan adalah Kesempurnaan Kehidupan?

Puaskah dengan semua pencapaian anda selama ini?
Sudahkah segala yang telah dilakukan, memberi anda kehidupan yang lebih baik?

Rasanya jawaban untuk pertanyaan – pertanyaan diatas lentur sekali. Tapi yang jelas, jika kita tak memiliki segudang kesabaran dan rasa syukur yang lebih, akan muncul pertanyaan baru: apa lagi yang akan saya cari?
Kita tak akan pernah puas dengan semua capaian yang telah kita raih. Karena kita selalu memiliki pembanding. Dan pembanding itu – lazimnya – pasti diatas ekspetasi yang telah kita miliki.
Tentu ekspetasi itu tak hanya berupa lembaran uang. Uang didapat melewati proses kerja. Dan kerja itu adalah pengabdian hidup – yang berarti: kehidupan. Penghargaan dari sekitar dan lingkungan yang nyaman – juga merupakan prioritas kehidupan/
Kerja bukan cuma tentang menghasilkan uang untuk membayar keinginan. Kerja melibatkan rasa, interaksi dan cinta. Karena kerja adalah rutinitas yang membentuk gaya hidup kita.
Jika menilik teori piramida ciptaan Abraham Maslow; pekerjaan masuk kedalam semua kategori kebutuhan manusia. Dari kebutuhan terendah hingga puncak piramida kebutuhan. Pria yang menelurkan teori motivasi hirarki kebutuhan manusia itu; membagi kebutuhan manusia digolongkan kedalam kebutuhan fisiologis, rasa aman, sosial, penghargaan dan puncaknya adalah aktualisasi-diri.
Kerja, selain untuk mengisi perut dan memenuhi kebutuhan mendasar lainnya – mempertahankan pekerjaan yang kita jalani sekarang – muaranya adalah aktualisasi diri. Tak heran banyak orang yang berhenti kerja dan mencari dunia baru (pekerjaan baru). Entah itu karena motif ekonomi atau aktualisasi diri. Jika bertahanpun, kita pasti memiliki banyak jawaban. Paling tidak, alasan yang mendasar tadi, yaitu motif ekonomi. Atau keragu-raguan semata/
Lain Maslow, lain lagi menurut Danah Zohar dan Ian Marshall dalam bukunya Spiritual Capital (2005). Mereka membantahnya. Katanya; Teori Hirarki Kebutuhan Maslow itu mestinya dibalik.
Menurut hemat saya – Walaupun teori itu dirombak seperti apapun, korelasi pekerjaan dan kehidupan akan selalu begitu. Pekerjaan adalah semua akumulasi diri. Baik itu pemenuhan kebutuhan lahir, batin dan semua aspek diluar keduanya. Karena pekerjaan adalah rutinitas yang membentuk pola hidup dan pola fikir seseorang untuk menjadi manusia matang.
So, apakah pekerjaan sekarang membahagiakan kehidupan anda?
Apa lagi yang akan anda cari?

Hanya diri kita yang bisa menilai apakah pekerjaan kita, kehidupan kita dan uang kita sekarang sudah sesuai dengan penilaian kita mengenai hidup yang sempurna.
Hanya kita yang tahu apakah pengorbanan waktu kita seimbang dengan raihan untuk membahagiakan diri sendiri atau manusia tercinta disekitar kita.
Asal tak ragu, hanya diri kita juga – yang memiliki jawaban apakah kita harus bertahan atau memulai pekerjaan (kehidupan) baru.
Jika dirasa jauh dari pola kehidupan seharusnya, tambahkan pundi keikhlasan dan tabung rasa syukur lebih dari orang lain. Mudah – mudahan akan menuntun anda ke formula yang benar pada saatnya.

Mohammad Endy Febri

Filed under: Opini, , , , , , , , , ,

3 Responses

  1. slamet wahjudi says:

    cukup menarik mas. Kesimpulannya diserahkan kepada yang baca. Sip. Semoga yang mau cari kerja baru tambah banyak pertimbangan.

  2. ananta says:

    jadi pengen cari kerja baru.kwkwkwkw.. Horray!

  3. Business Opportunity Presentation Is Coming to Riau, Indonesia
    Part-Time/Full-Time Available. Paying In US Dollars.
    By Alfianni Online – Artist Netwerk Singapore

    Free Training akan sebagai berikut:
    (Pendaftaran Training Percuma)
    Tempat : Tanjung Pinang (Akan diungkapkan untuk pelamar yg dikonfirmasi)
    (***kursi yang tersedia terbatas)
    More Info:
    http://www.facebook.com/event.php?eid=102920733097736

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: