Edward Mushalli

sebuah dedikasi untuk bapak Drs. H. Edward Mushalli

Tips Menjalankan Peluang Usaha Rumahan

Peluang bisnis rumahan adalah peluang bisnis nyata yang tidak berbeda dari bisnis secara fisik yang telah Anda kenal.

Peluang bisnis rumahan biasanya terdiri dari perusahaan inti yang secara fisik dikenal dengan perusahaan direct selling yang menjual produk melalui distributor independen atau konsultan.

Para distributor ini kemudian bertindak sebagai bisnis independen yang berjalan seperti bisnis tradisional untuk mendapatkan income.

Berikut beberapa aspek pemilik usaha rumahan :

1. Bisnis independen
2. Menghasilkan pendapatan
3. Bertanggung jawab atas pajak pribadinya
4. Pembukuan dan kertas kerja yang minim
5. Tidak ada tumpukan stok produk (yang menjadi tanggung-jawab perusahaan induk )
6. Tidak mengirimkan produk secara fisik (tanggung jawab perusahaan induk )

Berikut adalah beberapa keuntungan pengusaha rumahan :

1. Sumber income yang cepat
2. Pasif income: peluang untuk mendapatkan pasif income. Pasif income adalah pendapatan ekstra yang tidak memerlukan tenaga ekstra.
3. Tanpa Boss
4. Bekerja sesuai dengan ritmenya
5. Memiliki wewenang untuk mengatur keuangan
6. Kebebasan waktu: Distributor dibayar untuk tenaga yang telah dikeluarkan, bukan waktu. Kemudian distributor dapat mendongkrak upayanya dengan sedikit waktu.
7. Stress yang berkurang: Kebanyakan orang melalui banyak tekanan untuk menghasilkan pendapatan secara teratur dengan mondar-mandir ke tempat kerja, mendapatkan tekanan di tempat kerja dan merasa tidak nyaman karena hanya memberikan sedikit waktu untuk keluarga. Pemilik usaha rumahan menghabiskan waktunya dirumah bersama keluarga.

Tentu saja banyak keuntungan dari peluang bisnis rumahan tapi tidak semua orang bisa melakukannya.

Bisnis ini hanyak untuk orang yang memiliki dorongan kuat untuk merubah kondisi keuangan dan bagi mereka yang ingin memiliki waktu lebih banyak bersama keluarga.

Terkadang pencari kerja mencari peluang kerja di industri ini tapi mereka hanya membuang-buang waktu setelah tahu diperlukannya biaya untuk memulai bisnis.

Jika Anda benar-benar ingin memulai usaha rumahan maka mulai saat ini Anda harus memiliki mind set pengusaha.

Diperlukan uang, waktu dan energi untuk memulai bisnis apapun. Anda diberikan kesempatan untuk menjalankan bisnis tapi 100 persen sepenuhnya ada di tangan Anda untuk menjalankannya dengan efisien.

Jika Anda bekerja sendiri tanpa pengawasan langsung, maka Anda dapat menjalankan industri ini dengan baik. Banyak studi yang telah menunjukkan bahwa orang yang pernah mengalami saat sulit ketika bekerja dengan orang lain dimasa lalunya, dapat melakukannya dengan baik di tahap ini.

Sebaliknya, jika Anda tidak memiliki fungsi yang baik tanpa pengawasan langsung, maka wirausaha tidak tepat untuk Anda.

Tentu, Anda dapat memiliki mentor untuk mendapingi Anda, tapi seorang mentor hanya dapat menunjukkan Anda ke arah yang tepat. Kesuksesan sejati berasal dari dalam diri kita sendiri. Setelah kita membahas macam dan model Usaha Rumahan pada seri Peluang Usaha, lengkapnya baca Peluang Usaha Rumahan, sekarang giliran kita membicarakan bagaimana langkah yang harus kita lakukan dalam menjalankan Peluang Usaha Rumahan yang akan sahabat jalankan.

Namun sebelumnya sahabat bahkan hampir sebagian masyarakat tahu bahwa Usaha Rumahan itu tercipta awalnya dari sebuah usaha untuk menghasilkan ssebuah nilai tambahan semata, tapi tanpa banyak yang menduga ternyata Usaha Rumahan justru awal dari sebuah usaha atau bisnis yang besar dan sukses, contoh untuk hal ini sudah tak terhitung jumlahnnya.

Untuk itu sahabat ada 7 Tips dalam menjalankan Peluang Usaha Rumahan tersebut, inilah ke 7 Tips tersebut:

1. Libatkan keluarga dalam perencanaan bisnis. Pertimbangkan juga meminta pendapat dari para tetangga. Namun hati-hati, bisa saja mereka iri kemudian menjelek-jelekan produk atau jasa kita, sehingga akan memunculkan keraguan.

2. Pastikan segalanya telah siap sebelum memulai usaha. Supaya tidak lupa, alangkah baiknya membuat daftar mengenai apa saja yang harus ada sebelum sebuah usaha dimulai. Jika daftar sudah dibuat pastikan tidak ada yang tertinggal.

3, Tekan biaya seminimal mungkin. Kuncinya adalah tidak semua peralatan kerja dan sarananya harus baru.

4. Tahu secara mendalam mengenai produk atau jasa yang akan dijual. Kita harus mengetahui manis dan tidak manisnya usaha yang akan dijalankan.

5. Perlakukan semua konsumen dengan standar yang baik. Yang jelas, jika pelayanan kita ramah, minimal mereka akan mengingat kita karena kesan pertama yang sangat baik.

6. Harga jual yang masuk akal sesuai dengan target konsumen. Jika belum berpengalaman, yang paling mudah adalah melihat harga pesaing sejenis yang memiliki ciri hampir sama dengan kita.

7. Selalu siap dengan perubahan. Kita harus terus memperbaiki kualitas produk dan di sisi lain terus mencoba agar dapat berproduksi secara lebih efisien.

Oke sahabat semoga 7 Tips diatas menambah inspirasi dalam menjalankan Peluang Usaha Rumahan yang sahabat akan jalankan, tentunya kita selalu beracu bahwa segala usaha akan berkembang dengan baik jika kita pintar memanfaatkan dengan cermat dan jeli setiap Peluang Usaha yang datang. (fn/pm/kd)

Sumber: http://www.suaramedia.com

Filed under: Opini, Tips, , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: