Edward Mushalli

sebuah dedikasi untuk bapak Drs. H. Edward Mushalli

Pinang Buka 2000 Sambungan Baru

PLN: Mengurusnya Jangan Pakai Calo

Hasrat ribuan warga Tanjungpinang untuk mendapatkan aliran listrik dari PLN akhirnya terpenuhi. Ini menyusul dibukanya keran untuk penyambungan listrik oleh PLN Pusat, melalui kebijakan penyambungan 1 juta pelanggan. Tanjungpinang mendapat jatah sekitar 2 ribuan penyambungan baru, dan untuk Karimun sekitar 1.000-an penyambungan baru, Uban sekitar 1.500-an, Tanjungbatu sekitar 750-an dan untuk Dabo sekitar 200-an penyambungan baru.

Penyambungan baru mulai dilakukan Senin (27/9) kemarin hingga tanggal 27 Oktober 2010 nanti dengan kapasitas voltase ampere penyambungan antara 450 KVA – 2200 KVA. ”Syaratnya calon pelanggan datang sendiri ke Kantor PLN, tidak boleh pakai calo. Pakai biro juga tidak boleh. Penyambungan baru ini kita laksanakan bertahap, dan ini untuk tahap awalnya. Setelah mesin pembangkit yang baru datang, tahapan penyambungan baru kita lanjutkan lagi,” kata Manajer PLN Kepri selain Batam, Hendra Slamet Rijadi, Senin (27/9).

Menurut Hendra, yang nantinya mendapat prioritas penyambungan baru ini adalah calon pelanggan pada sambungan deret dan sudah masuk daftar tunggu. Penyambungan deret itu, adalah calon pelanggan yang kini sudah mendapatkan aliran listrik dengan cara menyantol pada tetangganya. Umumnya, hal ini terjadi pada komplek pemukiman penduduk dan juga pertokoan. Diingatkannya juga, agar para calon pelanggan baru meminta kuitansi pembayarannya kepada petugas PLN yang melayani. Berbeda dengan kuitansi umumnya, kuitansi dari PLN sebagai bukti pembayaran dilengkapi dengan nomor register khusus.

Penandaan ini dilaksanakan untuk melindungi pelanggan PLN dari oknum-oknum yang tidak bertanggungjawab. Ditegaskan Hendra, penyambungan baru ini dilaksanakan di wilayah yang daya listriknya sudah mencukupi. Untuk Tanjungpinang sendiri yang memiliki 3 wilayah ranting, Ranting Tanjungpinang Kota, Ranting Bintan Centre dan Ranting Kijang, kini memiliki kapasitas daya sekitar 41 MW dengan beban puncak sekitar 39 MW.

Karena itulah penyambungan baru di kota ini dilaksanakan secara bertahap dan tahapan selanjutnya dilaksanakan setelah mesin yang baru datang. Pengadaan mesin pembangkit tersebut, saat ini prosesnya sedang dilaksanakan di Kanwil PLN Rau Kepri di Pekanbaru. Diharapkannya, seluruh calon pelanggan baru yang berjumlah sekitar 11 ribu tersebut bisa terlayani di tahun 2011 atau 2011.

Namun dengan catatan, dana dan daya yang ada mencukupi. ”Biarpun masih terbatas dan harus bertahap, tapi kita sudah lama sekali kita menunggu penyambungan baru ini. karena itu jelas kita bersyukur PLN sudah mulai membukanya. Mudah-mudahan tahapan berikutnya tidak terlalu lama dilaksanakan,” ujar salah satu calon pelanggan PLN, Bambang, yang sudah sekitar 4 tahun menunggu aliran listrik dari PLN. (sigit)

Sumber: batampos.co.id

Filed under: Berita, , , , , , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: