Edward Mushalli

sebuah dedikasi untuk bapak Drs. H. Edward Mushalli

Tanjungpinang Gelar “Dragon Boat Race” 11 November

Tanjungpinang (ANTARA News) – Kota Tanjungpinang, Kepulauan Riau, akan menggelar agenda pariwisata tahunan Lomba Perahu Naga atau yang lebih dikenal dengan sebutan “Dragon Boat Race” pada 11 sampai 14 November 2010.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Tanjungpinang, Abdul Kadir Ibrahim, Rabu, mengatakan, saat ini sudah ada beberapa tim “Dragon Boat Race” dari dalam dan luar negeri yang memastikan akan ikut dalam lomba yang digelar untuk kedelapan kalinya tersebut.

“Peserta dari seluruh kabupaten/kota se-Kepulauan Riau (Kepri) sudah memastikan diri akan ikut bertanding, selain dari Jakarta, Jambi dan Medan,” katanya.

Sementara peserta dari luar negeri, yakni dari Malaysia dan Republik Ceko,” ujar Abdul Kadir Ibrahim yang akrab dipanggil Akib.

Peserta dari Ceko menurut dia berjumlah 14 orang, terdiri atas 10 orang perempuan dan empat orang laki-laki. Mereka diperkirakan sampai di Tanjungpinang pada 11 November 2010.

Akib mengatakan, selain lomba “Dragon Boat Race” yang menyediakan hadiah total Rp239 juta tersebut, juga akan diadakan lomba kayak kano yang pesertanya dari luar negeri.

“Selain itu juga ada lomba kayuh sampan, sampan layar, jong dan lomba renang dari tepi laut Tanjungpinang menuju Pulau Penyengat,” ujarnya.

Akib berharap, agenda tahunan tersebut dapat meningkatkan kunjungan wisata ke Kota Tanjungpinang yang selama ini hanya mengandalkan wisata sejarah kebesaran Islam di Pulau Penyengat dan peninggalan sejarah etnis Tiong Hoa di Senggarang.

“Selama ini Tanjungpinang hanya mengandalkan wisata sejarah dan religi, kami berharap kunjungan wisata ke Tanjungpinang semakin meningkat dengan adanya agenda atau tempat wisata lain yang tentu diiringi oleh pembangunan sarana dan prasarana pendukung,” katanya.

Selain itu menurut dia, Pemerintah Kota Tanjungpinang juga sedang melakukan inovasi dibidang pariwisata agar pengunjung tidak hanya berwisata sejarah dan religi, tetapi mempunyai pilihan lain.

“Perlu bantuan dari berbagai pihak, termasuk pemerintah pusat, provinsi dan pihak swasta untuk pembangunan sarana dan prasarana serta promosi,” harapnya.

Apalagi, menurut dia, pada tahun 2012 dicanangkan sebagai “Tahun Pelancongan Tanjungpinang 2012”.(ANT-029/F002/Btm2)

Oleh: Henky Mohari/ kepri.antaranews.com

Filed under: Berita, , , , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: