Edward Mushalli

sebuah dedikasi untuk bapak Drs. H. Edward Mushalli

Nurdin-Rafiq Tertinggi di Kepri

Pasangan Nurdin Basirun-Aunur Rafiq dipastikan kembali terpilih sebagai Bupati dan Wakil Bupati Karimun. Pada Pemilihan Bupati yang digelar Rabu (5/1), Nurdin-Rafiq unggul telak di seluruh kecamatan.

Berdasarkan data resmi Desk Pilkada Kabupaten Karimun yang diperoleh Batam Pos pukul 18.00, kemarin, Nurdin-Rafiq meraup 81.956 suara atau 92,18%. Sedangkan pesaingan Syamsuardi-Syuryaminsyah hanya dapat 6.954 suara (7,82%).

Dengan perolehan suara ini, Nurdin-Rafiq tercatat sebagai kepala daerah peraih suara tertinggi di Kepri, mengalahkan pasangan Bupati dan Wakil Bupati Bintan Ansar Ahmad-Khazalik (79,79%) dan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tanjungpinang Suryatati A Manan- Edward Mushalli (84,25%).

Data Desk Pilkada Karimun menunjukkan, dari 166. 783 warga yang terdaftar di Daftar Pemilihan Tetap (DPT), jumlah warga yang menggunakan hak pilih mencapai 91. 739 orang dan jumlah warga yang tidak menyalurkan hak suaranya mencapai 75. 044. Atau persentase pemilih mencapai 55. 01 persen.

“Itu baru data sementara yang berhasil kita kumpulkan dari masing-masing TPS yang ada di Kabupaten Karimun,” ujar ketua Harian Desk Pilkada Karimun Junaidi, kemarin.

Ketua KPU Karimun Zulfikri yang dihubungi Batam Pos, kemarin sore mengatakan, dengan perbedaan suara yang cukup besar ini, bisa dipastikan pasangan Nurdin-Rafiq kembali memimpin Karimun untuk lima tahun ke depan.

“Kalau kita lihat dari perolehan suara, pasangan ini sudah dipastikan menang,” jelasnya.

Disinggung mengenai rendahnya partisipasi masyarakat menyalurkan hak suaranya, Zulfikri mengatakan memang di luar prediksi. Di mana KPU sebelumnya memprediksi warga yang mencoblos di atas 60 persen, namun kenyataan di lapangan hanya 55 persen.

Rendahnya animo masyarakat ini, kata Zulfikri, bisa disebabkan beberapa faktor di antaranya, warga sudah bosan mengikuti pemilukada. Selain itu, mereka juga disibukkan dengan berbagai pekerjaan, sehingga tidak menyempatkan waktu datang ke TPS. “Selain itu, juga ada rasa antipati dari masyarakat,” tegasnya.

Tetap Sah

Rendahnya partisipasi warga terlihat sejak TPS dibuka, pagi hari. Tak banyak warga yang datang ke TPS yang ada di lingkungan mereka. Akibatnya, petugas KPPS yang seharusnya sibuk melayani warga yang ingin menyalurkan suaranya, kebanyakan hanya duduk diam di kursi yang ada.

Pemandangan ini terlihat hampir di seluruh TPS yang ada di Karimun. Bahkan TPS yang digunakan Wakil Bupati Aunur Rafiq mencoblos, yakni TPS 20 Kelurahan Sungai Lakam, hingga pukul 09.30 WIB, jumlah pemilih yang sudah menggunakan hak suaranya baru mencapai 70 orang. Padahal di TPS ini jumlah pemilihnya mencapai 411 orang.

Hal yang sama juga terlihat saat Ketua KPU Pusat Abdul Hafiz Al Anshari, Bupati Karimun Nurdin Basirun beserta muspida melakukan pemantauan ke TPS-TPS yang ada di Karimun. Rata-rata jumlah partisipasi kurang dari 50 persen. Rendahnya partisipasi ini, sudah diprediksikan berbagai pihak. Apalagi kontestan yang ikut bersaing dalam pemilukada hanya dua pasangan.

Calon Wakil Bupati Karimun Aunur Rafiq usai memberikan hak suaranya mengatakan, pihaknya berharap persentasi pemilih bisa mencapai 60-70 persen. “Kita sudah berusaha semaksimal mungkin, tapi kalau jumlah pemilih masih di bawah 60 persen, kita serahkan kepada Yang di Atas (Allah SWT),” ujarnya.

Ketua KPU Pusat Abdul Hafiz Al Anshari yang dimintai tanggapan tentang pelaksanaan Pemilukada di Karimun mengatakan, sejauh ini masih berjalan lancar tanpa ada gangguan. “Kita berharap hingga penghitungan suara nantinya kondisi seperti ini masih berjalan dengan baik,” ujarnya.

Soal rendahnya animo masyarakat menggunakan hak suaranya, Abdul Hafiz mengatakan, dirinya melihat KPU Karimun sudah bertugas dengan baik, tinggal saat ini dikembalikan kepada warga apakah mereka mau menggunakan hak suaranya atau tidak. “Tahapan kan sudah dilakukan KPU sesuai dengan ketentuan yang ada, namun kita harapkan jumlah pemilih mencapai 60 persen,” tegasnya.

Apakah ada pembatalan jika persentase di bawah 50 persen? Abdul Hafiz kembali menegaskan berapapun jumlah warga yang memilih, tak akan membatalkan hasil. Tidak ada aturan yang mengatakan persentase minimal. Sebagai contoh, saat pemilukada di Medan, jumlah warga yang memilih hanya 37 persen, namun pemenang tetap diakui.

Saat ditanya apa penyebab rendahnya warga yang memilih, Abdul Hafiz mengatakan banyak faktor. Bisa jadi masyarakat sudah bosan dengan banyaknya pemilu mulai dari legislatif, presiden, gubernur sampai bupati. Akibatnya, warga merasa itu menjadi suatu hal yang membosankan.

Pantauan Batam Pos, selama pelaksanaan pilbub suasana di Karimun berjalan aman dan kondusif. Bahkan sekitar pukul 12.00 WIB, kedua kandidat yang bertarung yakni pasangan nomor urut 1 Syamsuardi-Syuryaminsyah menyempatkan makan bersama di restoran Holiday, Karimun bersama calon bupati nomor urut 2 Nurdin Basirun.

Mereka terlihat duduk satu meja, pemisah antara Syamsuardi dengan Nurdin hanya Abdul Hafiz yang duduk di antara mereka berdua. Begitu juga pendukung masing-masing calon, mereka terlihat sudah siap menerima siapa yang kalah dan menang dalam pemilukada kali ini.

Ketua Panwas Karimun Eko Purwandoko yang dijumpai Batam Pos mengatakan, sejauh ini pihaknya belum menemukan adanya pelanggaran dalam pelaksanaan pemilukada. “Temuan kita hanya ada pemilih ganda, sedangkan pelanggaran lain belum ada,” tegasnya.

hanya saja, kata Eko, dirinya sempat mendapatkan laporan satu hari menjelang pemilihan, yakni adanya kunjungan dilakukan calon Bupati Karimun Nurdin Basirun ke TPS-TPS.

“Kita melihat itu bukan pelanggaran, karena kapasitas beliau adalah sebagai Bupati Karimun,” jelasnya.

Sumber: batampos.co.id

Filed under: Berita, , , , , , , , ,

One Response

  1. bujang kucai says:

    hidup nurdin – nurdin gitu lo! ayo masuk MURI LAH TU…….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: