Edward Mushalli

sebuah dedikasi untuk bapak Drs. H. Edward Mushalli

Wawako Pimpin Rapat Penilaian Adipura

Wakil Walikota Tanjungpinang  Edward Mushalli Senin (28/2) memimpin rapat Hasil Penilaian Pertama (P1) Piala Adipura 2010 dan 2011. Rapat yang berlangsung di ruang rapat Kantor Walikota Tanjungpinang itu dihadiri para pejabat struktural di lingkungan Pemko Tanjungpinang dengan menghadirkan narasumber dari Kepala Pusat Pengelolaan Ekoregion Sumatera, Ir.M.Ilham, MSc, Kasubid Pencemaran Pusat Pengelolaan Ekoregion Sumatera, Drs.N.I.Brahmana dan staf Pusat Pengelolaan Ekoregion Sumatera, Santi Adelina, ST.

Kabag Humas Pemko Tanjungpinang, Drs.Surjadi, MT menjelaskan dari hasil rapat tersebut Pemko mendapat berbagai saran dari para nara sumber. Misalnya dari Ilham yang menilai kategori kota sedang khususnya penilaian Adipura di Kota Tanjungpinang dimana masih banyak kawasan yang perlu terus ditingkatkan kebersihannya dan perlu pembenahan. Seperti kawasan Perum Sei Jang, Perum TNI AL, Perum Jl.Sumatera-Bali, Perum Jl.Cempedak, Perum Jl.Nila, Perumahan pasang surut Teluk Keriting, Jl.Bakar Batu, Jl.Sumatera, Jl.Kemboja, Jl.Juanda, Jl.Raja Ali Haji, Pertokoan Jl.Pasar Ikan, serta Pertokoan Jl.Temiang. Disamping itu, juga penilaian perlunya penanganan yang serius terhadap Tempat Pembuangan Akhir (TPA).

Ungkap Surjadi, Ilham juga menyarankan perlunya digalakkan gotong royong, pengomposan di semua lokasi baik perumahan, pasar, sekolah, dan perkantoran. Dan tidak diperbolehkanya ada pembakaran di lokasi manapun dengan melakukan peningkatan sarana tempat pembuangan sampah, WC sekolah dan 3R atau dikenal dengan Reduce, Reuse, Recycle.

“Reduce adalah mengurangi sampah. Reuse, memanfaatkan sampah kembali dan Recycle untuk daur ulang. Selain itu juga dinilai perlu melakukan penambahan pohon bukan bibit, dan bila memungkinkan melakukan penghijauan di semua lokasi,” lanjutnya.

Dalam kesempatan itu, Edward Mushalli mengatakan, meskipun beberapa lokasi sudah mendapatkan nilai baik, namun perlu adanya peningkatan dalam pengelolaan sampah dan keteduhan. Hal ini mengingat semakin tingginya aspek penilaian kedua (P2) yang rencananya akan dilakukan Maret-April 2011 ini.

Lanjutnya, dengan kehadiran Presiden RI, Susilo Bambang Yudhoyono tampak Kota Tanjungpinang sudah bersih dan rapi. Kondisi ini hendaknya perlu terus dipertahankan karena penilaian tahap kedua lebih rumit lagi dan perlu segera disusun langkah-langkah strategis agar Adipura tetap bisa dipertahankan

Sumber: detikriau.net

Filed under: Berita, Pernyataan, , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: