Edward Mushalli

sebuah dedikasi untuk bapak Drs. H. Edward Mushalli

Raih Adipura, Tingkatkan Kebersihan

Tanjungpinang, Keprichannel – Untuk tetap bisa mempertahankan piala adipura, masyarakat Tanjungpinang perlu terus meningkatkan kebersihan kota disetiap tempat. Hal ini sangat penting dilakukan sebagai persiapan sebelum turun tim pantau II yang dijadwalkan pada awal April mendatang.

Hal tersebut disampaikan Wakil Walikota Tanjungpinang Drs. Edward Mushalli ketika memimpin rapat koordinasi evaluasi nilai pra pantau II Adipura 2010 dan 2011,Senin (21/3) yang berlangsung di ruang rapat Kantor Walikota Tanjungpinang, dihadiri para pejabat struktural di lingkungan Pemerintah Kota Tanjungpinang.

Hasil penilaian adipura pra pantau II di wilayah Kota Tanjungpinang ini disampaikan oleh tiga orang pemapar, masing-masing Drs. Yulianus Muchtar, Drs. Ali Hisyam dan Drs. A.Hadi. Dari hasil penilaian pra pantau II yang dilaksanakan oleh pemantau wilayah Kota Tanjungpinang dan Propinsi Kepri pada 7 Maret yang lalu, masih banyak pergeseran nilai dibandingkan dengan hasil Pantau pertama (PI) dan nilai perlu terus ditingkatkan, terutama di kawasan pasar Bintan Centre yang memiliki point penilaian yang cukup tinggi dibandingkan titik pantau lainnya. Penambahan tempat sampah di area pasar Bintan Center, peningkatan kebersihan, serta pembenahan saluran drainase perlu dilakukan sebagai upaya tindak lanjut hasil penilaian pra pantau II tersebut.

Sementara itu, untuk kawasan jalan arteri atau jalan utama yakni Jl. Usman Harun, Basuki Rahmat, Wiratno, Agus Salim, Soekarno hatta serta jalan-jalan kolektor atau jalan penghubung seperti Junda, Ir. Sutami, R.Ali Haji, Engku Putri, Bukit Bestari, Sumatera dan Kamboja perlu dilakukan pembenahan kebersihan drainase di seluruh lokasi jalan serta peningkatan jumlah sebaran pohon peneduh.

Untuk mendapatkan pohon peneduh, masyarakat maupun instansi terkait yang membutuhkan dapat berkoordinasi dengan Dinas Kelautan, Perikanan, Pertanian, Kehutanan dan Energi Kota Tanjungpinang sebagai instansi penyedia bibit tanaman penghijauan. “Dengan semakin bertambah jumlah sebaran pohon peneduh, maka akan membuat Tanjungpinang semakin hijau, sejuk dan nyaman, sedangkan untuk tanaman bunga dalam pot, terutama untuk sekolah-sekolah dapat berkoordinasi dengan Kantor Kebersihan dan Pemakaman Kota Tanjungpinan”, jelas Edward.

“Sistem penilaian Adipura untuk tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, dimana selain kebersihan kota yang dinilai, ada point tambahan lagi yang menjadi perhitungan, serta adanya penilaian terhadap limbah cair,” ujar Kepala Badan Lingkungan Hidup Drs,Yahya Arif.

Berdasarkan hasil penilaian tersebut, Edward meminta agar Badan Lingkungan Hidup, Kantor Kebersihan, Dinas PU, KPPKE, Camat, Lurah serta masayarakat Tanjungpinang untuk saling berkoordinasi dalam upaya meningkatkan kebersihan, sehingga nantinya ketika tim pantau II turun, nilai lebih meningkat dan Adipura tetap bisa dipertahankan. * Kabag Humas Pemko Tanjungpinang Drs. Surjadi, MT.

Sumber: keprichannel.com

Filed under: Berita, , , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: