Edward Mushalli

sebuah dedikasi untuk bapak Drs. H. Edward Mushalli

Kiat Membangun Usaha Sampingan

Sebagian dari kita tentu pernah mengalami saat-saat kesulitan masalah keuangan. Meski kita telah bekerja pada suatu instansi entah swasta ataupun pegawai negeri. Terkadang besar pasak daripada tiang, alias besar pengeluaran dari pemasukan. Menghadapi situasi seperti ini ada baiknya untuk mencoba merintis sebuah usaha sampingan. Namanya usaha sampingan tentunya tidak meninggalkan pekerjaan utama kita.

Karena bersifat sekunder hasil dari usaha sampingan tentu diproyeksikan sebagai penghasilan tambahan saja, namun demikian bisa jadi usaha sampingan yang anda kelola memberikan pemasukan yang lebih besar dari pekerjaan utama.

Agar sukses dalam membangun usaha sampingan, berikut kiat-kiat yang bisa dilakukan:

Libatkan diri anda secara penuh, seperti halnya wirausaha anda harus secara penuh hati menjalankan usaha ini. Luangkan waktu di luar jam kerja anda untuk menjalankan usaha sampingan ini. Misalnya saja 4 jam sehari, 2 jam sehari dan sebagainya. Jika usaha sudah berjalan baik mungkin bisa menghandle orang untuk menjalankan usaha, anda tinggal menerima income saja.

Jangan remehkan jika pada awalnya usaha anda kecil dan tidak memberikan income yang besar. Segala sesuatu dimulai dari kecil, jika dilakukan secara terus menerus secara konsisten akan semakin besar. Demikian pula dengan usaha sampingan yang anda kelola. Pada awalnya kecil bahkan tidak profit namun jika dilakukan secara terus menerus bisa jadi profit akan melampaui gaji bulanan anda.

Menjalankan usaha sampingan sesuai hobi atau hal yang disukai. Usaha sampingan yang dilandasi kesenangan pada sesuatu maka akan berdampak pada keseriusan anda menjalankan usaha, sehingga memberikan hasil yang lebih baik. Misalnya saja anda senang memelihara ikan hias, anda bisa memulai usaha sampingan dengan membuka toko ikan hias atau bisnis seputar ikan hias dan lain-lain.

Sebagaimana berwirausaha membangun usaha sampingan memerlukan keseriusan dan kegigihan serta keinginan yang besar. Jika pada awalnya usaha tidak maju-maju, evaluasi dan lakukan perubahan, lihat hasilnya. Bisa jadi penghasilan dari usaha sampingan anda akan jauh lebih besar dari gaji pokok. Semoga, Amin.(galeriukm).

Sumber:
http://www.perencanakeuangan.com/artikel/safir%20senduk/membuka%20usaha%20sampingan%201/

Filed under: Berita, , , , , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: