Edward Mushalli

sebuah dedikasi untuk bapak Drs. H. Edward Mushalli

Hasil UN Tanjungpinang Tak Mencapai Target

Hari ini, Senin (16/5) Pemerintah Kota Tanjungpinang melalui Dinas Pendidikan akan mengumumkan hasil kelulusan Ujian Nasional. Prosentase kelulusan pelajar di Tanjungpinang tahun ini mengalami peningkatan mencapai 90,09 persen meski jumlah siswa yang tidak lulus menurun, hanya ada 60 siswa.

Meskipun ada perubahan kenaikan prosentase dibandingkan tahun lalu, tapi kelulusan siswa Tanjungpinang tetap masih nomor terakhir dari tujuh kabupaten dan kota di Kepri. Wakil Wali Kota Tanjungpinang Edward Mushalli, menjelaskan ada kenaikan prosentase kelulusan siswa tahun ini. Cuma kenaikan tidak bisa mendongkrat posisi kelulusan Tanjungpinang secara Kepri dan posisi Tanjungpinang masih tetap berada di nomor tujuh.

“Saya sudah telepon panitia UN Tanjungpinang, ada kenaikan prosentasi tapi daerah lain juga ada presentasi kenaikan. Jadi kelulusan pelajar Tanjungpinang masih nomor tujuh dari tujuh kabupaten dan kota,” kata Edward Mushalli kepada Tanjungpinang Pos.

Ke depan, kata dia para tenaga pengajar, atau semua lembaga pendidikan, orang tua dan siswa harus ekstra keras agar kelulusan meningkat lagi. Bahkan ia mengucapkan terima kasih kepada para guru, pihak sekolah dan lingkungan termasuk tokoh masyarakat yang sudah mendukung proses UN.

“Kita sudah berusaha maksimal, tapi itulah hasil anak-anak kita dan harus kita harga,” tegasnsya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Tanjungpinang, Syafrial Evi, juga mengakui kalau tahun ini ada peningkatan kelulusan meski kecil.

“Naik kelulusannya tapi masih tetap nomor tujuh. Ke depan kita harus bekerja keras lagi,” tegasnya. Untuk meningkatkan mutu pendidikan ke depan, orang nomor satu di Dinas Pendidikan ini akan mengurangi kegiatan-kegiatan perlombaan yang tidak menyentuh langsung dengan guru dan siswa.

“Dengan dikuranginya perlombaan dan diperbanyak kegiatan untuk SDM guru dan siswa, kita harapkan mutu pendidikan ke depan lebih baik,” tegasnya.

Tidak hanya itu, ia juga akan meningkatkan kualitas guru, dengan cara terus memberikan pelatihan, seminar dan begitu juga pelajar, diberikan usulan pelajaran dengan baik. Saat disinggung, apakah tahun ini sudah bisa diterapkan Perda Pendidikan yang sudah disahkan agar mutu pendidikan menjadi lebih baik, Kadisdik menjawab perlu sosialisasi dahulu.

“Agar Perda Pendidikan berjalan dengan baik harus sosialisasi. Seperti salah satunya harus bisa belajar mengaji baru bisa masuk SMP, itu sangat berat karena harus butuh waktu untuk sosialisasi,” tegasnya.

Sedangkan pengumuman UN tingkat SMA, mulai diumumkan pukul 17.00 WIB di masing-masing sekolah. Bagi siswa yang tidak lulus, diberikan dua pilihan. Pilihan pertama apakah siswa mau mengulang lagi satu tahun atau mengikuti ujian paket C.

“Pelaksanaan ujian paket C belum ditentukan, tergantung berapa jumlah siswa nanti yang mendaftar. Tapi kita jadwalkan lebih cepat,” tegasnya.

Ia juga minta kepada siswa yang lulus, jangan terlalu gembira, masih panjang perjalanan.Jangan melakukan konvoi kendaraan saat merayakan kelulusan. “Saya minta jangan melakukan konvoi merayakan kelulusan, khawatir ada kecelakaan lalulintas,” tegasnya.

Anggota DPRD Tanjungpinang dari Fraksi PKS, M Arif, meminta kepada pemerintah agar Perda Pendidikan harus diterapkan. ”Kami meminta Perda Pendidikan diterapkan agar kelulusan UN mendatang lebih baik. Sosialisasikan dengan sungguh-sungguh,” ujarnya.(abas)

Sumber: tanjungpinangpos.co.id

Filed under: Berita, , , , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: