Edward Mushalli

sebuah dedikasi untuk bapak Drs. H. Edward Mushalli

Bupati Tanjab Belajar Resep Adipura ke Pemko

tanjung jabungSuksesnya Kota Tanjungpinang meraih Adipura menjadi daya tarik bagi daerah lain untuk belajar mengelola kebersihan. Seperti yang dilakukan Bupati Tanjung Jabung Barat (Tanjabar), Provinsi Jambi, Usman Ermulan yang melakukan kunjungan kerja (Kunker) ke Tanjungpinang, Senin (13/6).

Usman Ermulan membawa 29 orang rombongan yang terdiri dari kepala SKPD, LAM, serta pengusaha Tanjung Jabung untuk belajar mengelola daerah menajdi bersih. Rombongan tersebut disambut Wakil Wali Kota Tanjungpinang Edward Mushalli didampingi staf ahli, kepala SKP dan LAM Kota Tanjungpinang di ruang rapat Kantor Wali Kota Tanjungpinang, Senggarang.

Tanjungpinang delapan kali meraih adipura dan tiga kali berturut-turut menjadi panutan bagi pendatang yang melangkahkan kaki ke Tanjungpinang.
Dalam kunjungan tersebut, rombongan Kunker Kabupaten Tanjungjabung ini menanyakan resep sukses Tanjungpinang berhasil meraih Adipura. Usman juga tertarik dengan Tanjungpinang yang penduduknya dari berbagai etnis serta agama yang berbeda-beda, namun dikenal sebagai daerah yang rukun, tertib, aman serta budaya melayunya tidak terpengaruh oleh budaya luar, meski berada berbatasan dengan negara tetangga.

Edward yang juga selaku Koordinator Adipura Kota Tanjungpinang memaparkan, sebelum penilaian daerah dilakukan, Pemko sudah membentuk tim dan koordinasi dengan tokoh masyarakat. ”Kita terus mensosialisasikan budaya hidup bersih melalui berbagai elemen, termasuk melalui program PKK untuk mengajak membudayakan hidup sehat yang dimulai dari rumah tangga masing-masing,” kata Edward.

Dalam keseharian kata Edward, ia dibantu oleh 4 orang staf ahli, Badan Lingkungan Hidup dan Kantor Kebersihan, Pertamanan, dan Pemakaman turun ke lapangan untuk melihat wajah kota, apakah sudah bersih atau belum. Selain itu, petugas kebersihan sebanyak 280 orang juga diberdayakan, mereka berkeliling memungut sampah di tempat yang belum bersih.

Untuk menjaga kebersihan laut, ada 12 orang pasukan kuning dengan menggunakan sampan mengumpulkan sampah di laut, pemerintah juga selalu memberikan himbauan kepada masyarakat.

“Selain itu Pemerintah Kota Tanjungpinang juga memperhatikan kesejahteraan para petugas kebersihan,” ungkap Edward.

Sedangkan untuk ketertiban, Keindahan dan kenyamanan kota telah dibentuk tim tersendiri tim tersebut turun untuk melakukan pemantauan dan menertibkan, disamping itu juga sudah ada Perda yang mengatur.

”Sementara untuk pengembangan wisata, Tanjungpinang memiliki beragam objek wisata seperti wisata religi, wisata budaya, wisata bahari, wisata kuliner dan wisata alam,” jelas Edward para rombongan kunker tersebut.

Pemerintah kota juga mendukung tumbuh kembangnya wisata di kota Gurindam dan bantuan juga diberikan untuk pengembangan seni budaya.
Pada kesempatan itu pula Usman menawarkan adanya jalinan kerjasama dalam hal perdagangan beras dan pinang, karena daerah ini merupakan daerah surplus beras sejak adanya program gertak Paduka yang merupakan singkatan Gerakan Tanam Padi Dua Kali Panen, disamping itu juga Kuala Tungkal sebagai pengahasil buah pinang.

Ia juga menginginkan agar Tanjungpinang memanfaatkan pelabuhan roro kuala tungkal dengan waktu tempuh hanya 12 jam dari Tanjungpinang dan dari pelabuhan roro tersebut.(ass)

Sumber: tanjungpinangpos.co.id

Filed under: Berita, , , , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: