Edward Mushalli

sebuah dedikasi untuk bapak Drs. H. Edward Mushalli

Metode Pengajaran Alquran untuk TPA

ramadhanTanya: Banyak Taman Pendidikan Alquran (TPA) di Tanjungpinang. Yang ingin saya tanyakan, metode apa yang dipakai? Apakah ada pelatihan dari pemerintah untuk guru TPA agar sesama lembaga pendidikan ini bisa menyamakan metode yang digunakan.

Agus, Batu 10

Jawab:
Terima kasih pertanyaannya. Sebenarnya Pemko Tanjungpinang sudah melakukan kegiatan seperti yang Anda tanyakan. Dalam rangka memberikan tambahan pengetahuan dan wawa san bagi guru-guru TPA dan DA, pada tanggal 13 Juli kemarin dilaksanakan pelatihan melalui pembekalan, konsultasi, musyawarah, dialog dan diskusi dan hasilnya dijadikan pedoman dalam menyamakan sistem pengajaran baca tulis Alquran melalui metode iqra.
Kegiatan kemarin bertemakan Pelatihan Metode Iqra Bagi Para Guru TPA/MDA se-Kota Tanjungpinang Tahun 2011 di Hotel Sampurna, Tanjungpinang, diikuti 100-an peserta.

Perlu kami sampaikan bahwa TPA merupakan salah satu sarana yang memiliki peran dan fungsi penting dalam proses pendidikan baca tulis Alquran sejak dini. Di samping itu juga merupakan media pendidikan, pembinaan akhlak serta budi pekerti terhadap anak.

Oleh karena itu tanggung jawab seorang guru TPA tidaklah semata-mata mengajar baca tulis Alquran, melainkan diharapkan juga dapat memotivasi sehingga anak-anak mampu membaca Alquran dengan baik dan benar.

Mempelajari ilmu-ilmu yang terkandung di dalam Alquran bukanlah suatu hal yang mudah. Banyak hal yang harus diketahui sebelum memulai menggali ilmu yang terkandung di dalamnya, salah satunya adalah harus terlebih dahulu mengerti dan paham dengan huruf-huruf Alquran.

Kita juga harus tahu cara membaca, karena apabila terjadi sedikit saja kesalahan dalam pembacaannya maka arti dan maknanya pun akan berubah pula. Keluarga merupakan tempat paling utama dalam membentuk akhlak anak, karena berawal dari keluargalah anak memulai pendidikan sosialnya.

Sumber: Koran Tanjungpinang Pos

Filed under: Berita, Opini, , , , , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: