Edward Mushalli

sebuah dedikasi untuk bapak Drs. H. Edward Mushalli

Duh, Air RSUD Keruh!

kepriKeluarga pasien yang dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tanjungpinang mengeluhkan persedian air bersih di kamar ruangan perawatan. Soalnya, air yang mengalir dari kran rumah sakit plat merah itu tak layak dikonsumsi karena keruh.

Bahkan manajemen RSUD Tanjungpinang juga sudah melaporkan ke Wakil Wali Kota Tanjungpinang Edward Mushalli mengenai kondisi air bersih ini.
Salah satu keluarga pasien yang namanya tidak mau dikorankan menyesalkan kondisi air bersih di ruang inap RSUD. Seharusnya, air di rumah sakit haruslah bersih karena berkaitan dengan kesehatan.

”Rumah sakit mesti punya sumber air yang bersih. Bukan malah keruh. Bagaimana kita mau sehat kalau air di rumah sakit saja tidak bersih,’’ ujarnya.
Setelah mendapatkan laporan kalau di RSUD air bersihnya keruh, Wakil Wali Kota Edward Mushalli langsung mengecek ke ruangan pasien.

Edward sendiri melihat langsung kondisi air di bak mandi di ruangan perawatan pasien yang keruh. Tidak sampai di situ saja, Edward juga melihat langsung air bersih yang digunakan untuk memasak makanan untuk pasien dan tempat cuci pakaian serta peralatan medis yang dimiliki oleh RSUD.

Kepala Pelayanan Rumah RSUD Tanjungpinang, dr Nugraheni Purwaningsih mengakui bila air RSUD keruh. Kondisi ini terjadi sejak sepekan lalu. “Sejak hari pertama lebaran air yang mengalir ke rumah sakit ini sudah keruh. Dan sangat menganggu pelayanan,” ujar Nugraheni Purwaningsih, kemarin.

Dia berharap agar pihak PDAM selaku penyalur air ke RSUD segera melakukan pembenahan. Sementara itu, Kepala Operasional Produksi PDAM Tirta Kepri di Sungai Pulai, Abdul Razak, mengakui beberapa terakhir ini air yang disalurkan ke masyarakat kurang bersih alias keruh.

Menurutnya, PDAM telah melakukan upaya untuk membersihkan air. Namun, sejauh ini belum mampu menjernihkan 100 persen walaupun sudah ditaburkan zat kimia.

“Air baku kita di Sungai Pulai keruh, karena adanya penurunan debet air dan adanya pekerjaan Daerah Aliran Sungai (DAS),” sebut Razak.

Oleh karena itu, ada beberapa daerah termasuk rumah sakit barang kali mendapatkan suplai air yang kurang bersih. ”Warna airnya yang berubah walaupun sudah dikasih zat kimia masih belum jernih. Tapi kita terus melakukan pemantauan,” ujarnya.

Karena banyak pelanggan yang sudah dirugikan atas air yang keruh, Abdul Razak minta permohonan maaf. Ia juga minta sebelum menggunakan sebaiknya air saring dahulu.

“Jangan langsung dikonsumsi atau diminum, harus diendapkan dulu agar jernih,’’ terangnya. PDAM berjanji segera menyelesaikan masalah ini secepatnya.

Sumber: Koran Tanjungpinang Pos

Filed under: Berita, , , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: