Edward Mushalli

sebuah dedikasi untuk bapak Drs. H. Edward Mushalli

PGRI Halal Bihalal Wali Kota Marah

walikota tanjungpinangWali Kota Tanjungpinang Suryatati A Manan dan Ketua DPRD Kota Tanjungpinang Suparno kaget ada sekolah diliburkan lantaran Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) mengadakan halal bihalal di GOR Kaca Puri Kota Tanjungpinang, Kamis (22/9).

Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga Kota Tanjungpinang, Syafrial Evi pun tak kalah heran dan tak tahu siapa yang memerintahkan siswa diliburkan. Dinas Pendidikan Kota Tanjungpinang tidak pernah mengeluarkan surat edaran untuk meliburkan.

“Saya sendiri bingung, siapa yang menyuruh sekolah meliburkan siswa, saya tidak pernah mengeluarkan surat edaran untuk meliburkan siswa saat PGRI merayakan halal bihalal,” kata Syafrial Evi kepada koran ini, Kamis (22/9) kemarin.

Suparno justru mempertanyakan apakah memang ada pemberitahuan mengapa pemerintah meliburkan kegiatan belajar-mengajar hanya karena para guru mengikuti halal bihalal. “Saya tahu siswa libur karena anak saya di rumah tidak sekolah.

Malamnya saya tanyakan kenapa tidak mengerjakan PR dan belajar. Anak saya bilang besok (kemarin) libur pak,” kata Suparno menirukan perkataan anaknya. Ia mengaku sama sekali tidak ada pemberitahuan di DPRD kalau siswa diliburkan Kamis kemarin.

Akibat kejadian ini, Wali Kota marah. Melalui Kepala Bagian Humas dan Protokol, Surjadi, dijelaskan jika Suryatati memerintahkan Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kota Tanjungpinang, Syafrial Evi, untuk memberikan teguran keras kepada Ketua PGRI Kota Tanjungpinang yang telah mengambil kebijakan meliburkan anak sekolah hanya karena halal bihalal tanpa prosedur yang benar.

Kegiatan belajar mengajar telah diatur melalui kalender pendidikan secara nasional dan tidak boleh ada kebijakan lain terkait hari libur siswa. Wali Kota memerintahkan kepada Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga untuk mengambil langkah dan memberikan sanksi yang tegas terhadap siapa yang mengeluarkan kebijakan meliburkan anak sekolah.

Juga Suryatati menekankan kegiatan di luar kegiatan belajar mengajar seperti halal bihalal tidak boleh menganggu kewajiban melaksanakan tugas belajar mengajar, apalagi sampai meliburkan siswa.

Ketua Fraksi PKS DPRD Kota Tanjungpinang, Muhammad Arif, juga sangat kecewa terhadap siapa yang memerintahkan siswa libur saat guru mengikuti halal bihalal. ”Untuk meliburkan siswa tentu ada aturanya, harus sesuai dengan kalender pendidikan atau ada kebijakan dari pemerintah daerah. Atau tiba-tiba terjadi bencana alam,” tegasnya.

Ketua PGRI Kota Tanjungpinang, Syahrul yang dikonfirmasi masalah ini mengatakan bahwa acara halal bihalal pada dasarnya bukan meliburkan aktivitas sekolah, hanya siswa dipulangkan lebih cepat dan diberi tugas untuk belajar dirumah.

”Tidak ada kebijakan baik dari Disdik PGRI. Ini semua kebijakan dari pihak sekolah. Ini namanya bukan libur, hanya saja mereka diberi tugas untuk belajar di rumah. Libur ini kebijakan dari kepala sekolah, namanya belajar di rumah,” kata Syahrul usai halal bihalal.

Sesuai apa yang diperintahkan Wali Kota, terkait teguran keras dan sanksi berarti seluruh sekolah akan mendapatkan teguran. Wali Kota menjelaskan setiap sekolah sudah ada pengawasnya masing-masing, jadi harusnya ada catatan tertulis dari mereka terkait diliburkannya siswa Kamis kemarin.

Sumber: Tanjungpinang Pos

Filed under: Berita, , , , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: