Edward Mushalli

sebuah dedikasi untuk bapak Drs. H. Edward Mushalli

Pemko Gelar Pameran Upacara Inisiasi Tradisi Melayu

Sebagai salah satu upaya untuk menjaga dan melestarikan kebudayaan lokal, Pemko Tanjungpinang kembali menggelar Pameran Upacara Inisiasi Tradisi Melayu Kepulauan Riau ke III. Pameran yang dilangsungkan di Museum Kota Tanjungpinang Sultan Sulaiman Badrul Alamsyah ini, dibuka Wakil Walikota Drs. Edward Mushalli, Senin (24/10).

pemko tanjungpinangPembukaan pameran dihadiri Direktur Peninggalan Bawah Air, Direktorat Sejarah dan Purbakala Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata, Rita Sardjito, para tokoh dari Lembaga Adat Melayu (LAM), serta perwakilan Balai Pelestarian Sejarah dan Nilai Tradisional Kota Tanjungpinang. Pameran akan digelar selama 4 hari, hingga Kamis (27/10). Adapun tema pameran kali ini “Jadikan Museum Sebagai wahana Pembentukan Karakter Bangsa”.

Edward dalam sambutannya mengatakan tema yang diambil panitia penyelenggara memiliki makna bahwa museum merupakan salah satu upaya penguatan identitas bangsa, sehingga terbentuknya karakter bangsa yang kokoh dengan menghargai nilai dan norma yang terkandung dalam benda hasil budaya yang dipamerkan di museum.

“Pelestarian budaya masa lalu yang diupayakan pihak museum bertujuan agar masyarakat memahami sejarah, ilmu pengetahuan, dan budaya daerahnya,” kata Edward.

Lanjut Edward, benda-benda yang dipamerkan di museum pada pameran upacara inisiasi dalam tradisi Melayu Kepulauan Riau kali ini diharapkan dapat memberikan pemahaman kepada masyarakat terutama generasi muda tentang gambaran tradisi Melayu Kepulauan Riau. Dalam pameran masyarakat juga dapat menyaksikan beragam temuan dari dasar laut yang ada di perairan Indonesia.

Di sela-sela acara pembukaan, diserahkan secara simbolis koleksi keramik dari Direktorat Peninggalan Bawah Air kepada Pemko Tanjungpinang.

Sumber: www.detiknusantara.com

Filed under: Berita, , , , , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: