Edward Mushalli

sebuah dedikasi untuk bapak Drs. H. Edward Mushalli

Guru Harus Profesional

wawako tanjungpinangWakil Wali Kota (Wawako) Tanjungpinang, Edward Mushalli, mengharapkan profesionalisme guru menjadi hal yang sangat diutamakan. Terutama untuk mensyaratkan keahlian yang khas dan meningkatkan mutu pendidikan di Kota Tanjungpinang.

Karena, katanya, setiap tahun prestasi pendidikan di Tanjungpinang terus mengalami peningkatan. Tapi peningkatan masih belum mampu mengejar prestasi pendidikan yang juga meningkat di daerah lain di Kepri.

“Dalam sistem persekolahan dan mampu menjadi guru yang aktif, kreatif, dan inovatif dalam proses belajar mengajar agar para peserta didik tidak jenuh sehingga dapat memperbaiki mutu kelulusan,” tegas Edward Mu shalli saat membuka Pelatihan Peningkatan Mutu MGMP (Musyawarah Guru Mata Pelajaran) Dan KKG (Kelompok Kerja Guru) Tingkat SMP/MTs Dan SD/MI se-Kota Tanjungpinang Tahun 2011, Jumat (9/12) di Hotel Plaza. Pelatihan yang diselenggarakan selama 2 hari ini diikuti 189 peserta yang terdiri dari 69 orang guru SD/MI dan 120 orang guru SMP/MTs.

Menurut Edward, mantan Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kota Tanjungpinang sebelum kariernya naik menjadi wakil wali kota, guru yang profesional harus memiliki kemampuan akademik yang meliputi kemampuan antara lainnya.

Seperti mengenal peserta didik secara mendalam, menguasai bidang studi dari sisi keilmuan dan kependidikan, menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik, serta memiliki kompetensi sosial yang meliputi kemampuan berkomunikasi dengan peserta didik dan orang-orang disekitar peserta didik itu sendiri.

“Dengan adanya kompetensi tersebut, diharapkan guru dapat mengaktualisasikannya dalam melaksanakan tugas profesionalnya,” tegasnya.

Guru, menurut Edward, adalah pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan usia dini, jalur pendidikan formal, pendidikan dasar dan menengah.

“Upaya yang dapat dilakukan untuk mendukung terlaksananya proses belajar mengajar yang baik dan kondusif adalah dengan cara menyediakan guru yang berkualitas dan profesional,’’ pungkasnya.

Sumber: Koran Tanjungpinang Pos

Filed under: Berita, Opini, , , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: