Edward Mushalli

sebuah dedikasi untuk bapak Drs. H. Edward Mushalli

Oleh-oleh dari Rakor Kepala Daerah se-Indonesia dengan Presiden SBY

Mewakili Kepala Daerah dan Kota Tanjungpinang, dua hari yang lalu (19/1), saya menghadiri Rakor (rapat koordinasi) kepala daerah (Walikota, Bupati dan Gubernur seluruh Indonesia) di Jakarta. Adapun oleh-oleh yang dapat saya sampaikan:  (inti) dari pesan Presiden SBY:

kepulauan riau

SBY

“Penyerapan APBN 2012 Jangan Lamban”

Adapun cuplikan berita terkait sesaat sebelum rakor yang saya hadiri, adalah sbb:
Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengingatkan para kepala daerah agar penyerapan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2012 tidak lambat seperti yang terjadi pada 2011.

Menko Perekonomian Hatta Radjasa mengatakan pesan tersebut disampaikan Presiden di Istana Kepresindenan, Jakarta, Senin (16/1) dalam rapat internal membahas persiapan rapat koordinasi bupati dan gubernur seluruh Indonesia pada 19 Januari 2012.

“Kita belajar dari yang kemarin itu, yang terasa agak ‘slow’ serapannya, itu tidak boleh terjadi lagi,” ujar Hatta.

Presiden, menurut dia, juga berpesan agar APBN dimanfaatkan secara tepat sasaran tanpa ada penyimpangan. “Lambat saja tidak boleh, apalagi menyimpang,” katanya.

Pada 2011, realisasi belanja pemerintah pusat per 1 Desember 2011 mencapai 74,5% atau Rp676,7 triliun dari pagu sebesar Rp908,2 triliun.

Sedangkan realisasi belanja kementerian lembaga baru mencapai 66,3 persen atau Rp305,9 triliun dari pagu sebesar Rp461,5 triliun yang terdiri atas belanja pegawai mencapai 91,1 persen atau Rp166,7 triliun dari pagu Rp182,9 triliun, belanja barang 63 persen atau Rp90 triliun dari pagu Rp142,8 triliun dan belanja modal mencapai 51,3 persen atau Rp72,3 triliun dari pagu Rp141 triliun.

Hatta mengatakan dalam rapat koordinasi bupati dan gubernur seluruh Indonesia, Presiden Yudhoyono akan memberikan pengarahan kepada kepala daerah tentang pentingnya APBN dan APBD sebagai salah satu instrumen pertumbuhan ekonomi.

Selain itu, Kepala Negara juga akan memberikan arahan tentang materi-materi pembangunan yang berkaitan dengan anggaran.

Sumber: Antara

Filed under: Berita, Pernyataan, , , , , , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: