Edward Mushalli

sebuah dedikasi untuk bapak Drs. H. Edward Mushalli

Sepuluh Tahun Menunggu Penyerahan Aset

Pemko Tanjungpinang memastikan masih banyak aset Pemkab Bintan di Tanjungpinang yang belum diserahkan secara resmi oleh Kabupaten Bintan, selaku induk pemekaran. Buktinya, penyerahan tahap II hasil kesepakatan tim penanganan aset Tanjungpinang dan Bintan tahun 2010, hingga kini belum terealisasi. Jumlahnya mencapai 18 aset.

”Meski telah disepakati, Pemko belum menerima secara resmi,” ujar Kabag Humas Pemko, Surjadi, Rabu (1/2) kemarin.

Surjadi memastikan, jika 18 aset ini telah diserahkan, akan dilanjutkan penyerahan aset lainnya, seperti eks kantor Bupati, eks gedung DPRD, gedung Dinas Kehutanan, Gedung daerah, dan gedung BLH di Tepilaut. Aset lainnya yang terus ditunggu Pemko, juga ada puluhan kios di sekitar Hotel Tanjungpinang, Pasar Ikan, Pelantar II, dan Jalan Merdeka.

Selain itu, puluhan ruko yang ada di jalan Ketapang, Jalan Temiang, dan Lorong Gambir, Pasar Baru I. Begitu juga aset hotel dan kolam renang yang belum dikembalikan di antaranya hotel Tanjungpinang, Hotel Mutiara, kolam renang di Komplek Sukaberenang, dan satu perumahan di Jalan Ir Sutami.

”Pemko tidak mempersoalkannya. Namun, Bintan harus memahami, konsekuensi logis pemekaran harus menyerahkan asetnya pada daerah yang dimekarkan,” kata Surjadi.

Sekretaris Komisi II DPRD Tanjungpinang Asep Nana Suryana menambahkan, Pemko selama ini cukup bersabar menunggu penyerahan aset. Pemko harus merogoh APBD Kota untuk sewa ruko untuk kantor.

”Kalau Pemko bersabar, kita telah bersabar sepuluh tahun lebih sejak UU Pembentukan Kota Tanjungpinang diterbitkan pemerintah. harus bersabar bagaimana lagi,” kata Asep.

Sebenarnya, permasalahan serahterima aset ini, ditentukan Pemprov Kepri. Gubernur Kepri selaku Ketua tim mediator yang bertugas memfasilitasi penyerahan aset Bintan ke Kota Tanjungpinang, harus bertindak tegas dan cepat.

”Kalau tidak cepat, maka masalah aset ini tetap akan lambat. Akibatnya, dana APBD Kota akan terus keluar buat bayar sewa ruko. Kita serahkan pada Pemprov, apakah ingin cepat atau berlama-lama,” tukasnya. ***

Sumber: www.batampos.co.id

Filed under: Berita, , , , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: